Sukses

Pedagang Korban Kebakaran Pasar Kramat Jati Akan Direlokasi

PD Pasar Jaya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menggelar rapat terkait lokasi pasar sementara bagi para pedagang.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan membangun pasar sementara bagi pedagang Pasar Induk Kramat Jati yang kiosnya hangus terbakar. Nantinya pengaturan pasar sementara tersebut akan dilakukan PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyatakan, PD Pasar Jaya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menggelar rapat terkait lokasi pasar sementara bagi para pedagang. Dia meyakini pembangunan pasar sementara tersebut akan segera berlangsung.

"Segera akan dibangun pasar sementara. Perbaikan akan dilakukan‎. (PD Pasar Jaya) Menetapkan lokasi untuk bangun pasar sementara. Ini bicara harian sehingga pedagang bisa berusaha," ujar dia di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (12/6/2017).

Menurut dia, PD Pasar Jaya dan Pemprov DKI Jakarta memiliki kemampuan dan anggaran untuk pembangunan pasar sementara tersebut. Dengan demikian, dalam waktu tak lama pedagang yang kiosnya terbakar bisa segera menempati pasar sementara tersebut.

"Dengan PD Pasar Jaya yang punya kemampuan dan dana yang cukup, ini tidak akan terlalu lama. Saya sudah bicara dengan Pak Djarot (Gubernur DKI Jakarta). Harus ada penyelesaian, secara relatif ini harus cepat dibangun," dia menjelaskan.

Sementara pedagang menempati pasar sementara, maka lokasi yang menjadi tempat kebakaran akan dilakukan pembersihan dan pembangunan kembali. ‎

Enggar juga menyatakan belum mengetahui secara pasti apakah kebakaran ini memiliki unsur kesengajaan atau tidak.

"Kemudian dilakukan pembersihan dan pembangunan, tidak akan memakan waktu yang lama‎‎. Kita upayakan bagaimana pengiriman agar tidak terganggu. Unsur kesengajaan atau tidak percayakan pada Bareksrim, mereka yang lebih mengetahui," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.