Sukses

Ingin Mudik Gratis, Pakai Kapal Laut Saja

Mudik gratis yang menggunakan kapal Roll on-roll off (Ro-ro) milik Pelni ini baru terisi rata-rata 20 persen.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menutup pendaftaran mudik gratis motor via jalur darat. Penutupan ini dikarenakan kuota yang disediakan sudah melebihi dari target.

Namun begitu, bagi masyarakat yang berminat bisa mengikuti mudik gratis yang menggunakan kapal laut. Mudik gratis yang menggunakan kapal Roll on-roll off (Ro-ro) milik Pelni ini baru terisi rata-rata 20 persen.

Direktur Angkutan dan Multi Moda Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana mengungkapkan mudik dengan menggunakan kapal sebenarnya memiliki beberapa keuntungan.

"Jadi peserta tinggal bawa motornya masuk kapal, motornya taruh di dek, pemiliknya naik ke atas, bisa santai, istirahat sambil lihat pemandangan, yang mau mancing bisa sambil mancing," kata Cucu saat berbincang dengan wartawan, Jumat (9/6/2017).

Begitu juga ketika sampai di pelabuhan tujuan, penumpang bisa langsung membawa motornya keluar dari kapal dan keluar pelabuhan menuju kampung halaman. Adapun keberangkatan mudik gratis kapal Ro-ro ini akan diberangkatkan pada 17,19,21 dan 23 Juni 2017.

Saat ini ada dua tujuan mudik gratis menggunakan kapal Ro-ro yaitu dari Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan Tanjung Priok-Pelabuhan Panjang, Lampung. Sampai saat ini sudah ada yang mendaftar sebanyak 1.646 penumpang dengan 823 motor dari total kuota 10 ribu penumpang dan 5.000 motor.

"Karena kita gunakan kapal 5.000 GT, maka waktu tempuh Priok-Semarang itu sekitar 14 jam dan ke Panjang waktu tempuhnya 9 jam," tegas Cucu.

Sementara untuk mudik gratis menggunakan kapal Pelni‎, keberangkatan juga dilakukan di tanggal yang sama dengan menggunakan Kapal Ro-ro. Hanya saja untuk yang menggunakan Kapal Pelni Dobonsolo ini hanya memiliki rute Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang.

Untuk kapal Pelni, saat ini dari 10 ribu kuota yang disediakan untuk penumpang dan 5.000 untuk motor baru terisi sekitar 40 persen.

"Jadi yang tidak dapat kuota mudik gratis via darat, kita harapkan bisa beralih menggunakan kapal, jadi segera daftar," tutup Cucu.

Mengenai pendaftaran, bagi yang ingin menggunakan kapal milik Pelni, bisa dilakukan melalui website mudikgratis.dephub.go.id. Sementara yang menggunakan kapal Ro-ro juga disediakan pendaftaran di Kantor Pusat PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.