Sukses

Tol Bawen-Salatiga Bisa Dilewati H-7 Lebaran

Perkembangan fisik Seksi III Bawen-Salatiga telah mencapai 98,38 persen.

Liputan6.com, Jakarta Tol Semarang-Solo Seksi III Bawen-Salatiga akan bisa dilewati pemudik pada H-7 Lebaran. Penyambungan jalan tol dari Semarang sampai Salatiga ini setelah Seksi I Tembalang (Semarang)-Ungaran dan Seksi II Ungaran-Bawen beroperasi sebelumnya.

Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng (TMJ) Ali Zainal Abidin mengatakan, perkembangan fisik Seksi III telah mencapai 98,38 persen. Pembangunan fisik masih tersisa 500 meter.

"Untuk Seksi III Bawen-Salatiga fisiknya sudah 98,38 persen per tanggal 2 Juni. Kami belum update progress-nya karena target hari Jumat. Itu masih ada sisa pekerjaan kurang lebih 500 meter di daerah Polosiri, masih ada pekerjaan pembetonan mudah-mudahan tanggal 10 (Juni) selesai, tanggal 15 sudah bisa pasang barrier dan lain-lain, rambu-rambu, sehingga pada saat H-7 difungsikan," jelas dia saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Dia menambahkan, operasional seksi III masih bersifat fungsional, artinya belum dikenakan tarif alias gratis.

"Semarang-Salatiga sudah rigid semua, sudah beton. Artinya kami sebut fungsional untuk Bawen-Salatiga karena belum ada tarifnya saja," ujar dia.

Sementara untuk seksi IV dan V  masih dalam tahap pembangunan. Sehingga belum bisa dilewati.

"Kemudian Seksi IV-V Salatiga-Boyolali, Boyolali-Kartosuro kurang lebih 30 km. Itu memang menjadi ruasnya TMJ, tapi yang membangun konstruksi itu PT Solo Ngawi Jaya. Kalau itu masih belum bisa difungsikan, karena baru dimulai kontruksi 1-2 bulan lalu," tukas dia.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.