Sukses

RI-Jerman Jalin Kerja Sama di Sektor Maritim

Penandatanganan MoU itu dilakukan di kantor Kementerian Luar Negeri Jerman, Berlin, pada Rabu 31 Mei 2017

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Pandjaitan melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) di bidang Kemaritiman dengan Deputi Perdana Menteri Jerman Sigmar Gabriel. Penandatanganan MoU itu dilakukan di kantor Kementerian Luar Negeri Jerman, Berlin, pada Rabu 31 Mei 2017, kemarin.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Arif Havas Oegroseno, mengatakan, kerjasama bilateral tersebut merupakan implementasi dari deklarasi bersama antara RI-Jerman dalam kerjasama komprehensif yang dilakukan di Jakarta pada 12 Juli 2012.

"Ada beberapa poin yang masuk dalam agenda kerjasama yakni kerjasama strategis maritim, keamanan dan keselamatan laut, investasi infrastruktur maritim, investasi galangan kapal, kerjasama riset dan teknologi serta pelatihan," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (1/6/2017).

Dalam kesempatan tersebut, lanjut Havas, Menko Luhut dan Deputi Perdana Menteri Sigmar Gabriel juga melakukan dialog. Kedua belah pihak mendiskusikan beberapa topik hangat.

"Kedua pihak membahas geopolitik di kawasan, keamanan laut, counter terrorism dan kerjasama strategis Indonesia-Jerman," kata dia.

Pertemuan tersebut, kata Havas, rencananya akan ditindaklanjuti dengan dua kunjungan balasan Deputi PM Jerman Sigmar Gabriel dan kunjungan Menteri Transportasi dan Infrastruktur Digital Jerman Alexander Dobrindt.

"Deputi PM Jerman akan datang ke Indonesia setelah Pemilu Jerman sekitar akhir September atau awal Oktober, sedangkan untuk kerjasama di bidang Konektifitas Maritim, menteri transportasi Jerman akan datang ke Indonesia sekitar Bulan Juli," tandas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini