Sukses

Puasa Sebentar Lagi, Simak 7 Tips Agar Tetap Fit dan Bersemangat

Tidak terasa sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut hadirnya bulan suci Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut hadirnya bulan suci Ramadan.

Sama seperti bulan lainnya, aktivitas pekerjaan di bulan ini tetap dijalankan, hanya saja sebagian besar kantor mengurangi jam kerja karyawan 1-2 jam agar bisa berbuka dan menjalankan ibadah bersama keluarga di rumah.

Jam kerja yang dikurangi sedikit ini diharapkan bisa tetap efektif sebagaimana biasanya. Tetapi, tak jarang yang mengeluhkan rasa lelahnya.

Nah, kalau Anda ingin tetap fit dan bersemangat di bulan puasa, berikut tujuh tips yang harus Anda tahu seperti dikutip dari Karir.com:

Jangan lupa sahur

Ibarat sarapan, sahur merupakan kegiatan yang diwajibkan saat bulan Ramadhan. Selain tubuh butuh asupan untuk siang hingga menjelang waktu berbuka puasa, sahur juga bernilai ibadah.

Berbuka dengan tenang

Jangan pernah makan dengan tergesa-gesa. Meskipun seharian sudah menahan lapar dan haus, Anda harus mengingat kembali makna dari berpuasa. Sebaiknya Anda juga mengonsumsi buah kurma.

Buah kurma memiliki banyak manfaat di antaranya sebagai sumber energi, mencegah insomnia, juga dapat meningkatkan daya ingat dan kerja otak. Sehingga cocok segali bagi Anda yang sibuk bekerja untuk mengonsumsi buah kurma setiap harinya.

Banyak mengonsumsi air putih

Walau tak memiliki rasa, ternyata air putih memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan juga membangkitkan semangat serta kepercayaan diri. Karena khasiatnya ini, kita dianjurkan untuk mengonsumsi air putih delapan gelas perhari atau setara dua liter.

Bagaimana caranya minum 8 gelas air putih dalam sehari saat bulan puasa? Anda dapat membaginya menjadi dua waktu, empat gelas saat sahur dan empat gelas lagi saat berbuka.

Olahraga ringan



Olahraga ringan

Kalau bulan puasa, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Tak usah bingung, karena Anda bisa melakukannya di malam hari, tak perlu lama-lama secukupnya saja. Anda bisa memilih waktunya, 15 menit sebelum berbuka atau 15 menit setelah berbukan

Konsumsi 4 sehat 5 sempurna

Untuk memenuhi asupan tubuh, Anda perlu mengonsumsi karbohidrat, lemak, protein, kalsium agar tetap terlihat segar meskipun sedang berpuasa.

Jaga pola tidur

Saat puasa, Anda mungkin merasa kurang tidur karena harus terbangun saat sahur. Karena biasanya saat puasa pola tidur dan pola makan akan ikut berubah.

Tapi jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk Anda tidak bersemangat menjalani hari. Pola tidur yang baik akan menunjang produktivitas dan ketahanan daya tubuh.

Konsumsi vitamin

Selama bulan puasa, penting untuk mengonsumsi vitamin. Kalau Anda lebih sering mengonsumsi vitamin secara langsung atau sudah berbentuk seperti obat?

Pada bulan Ramadan, biasanya banyak pedagang menjajakan kurma sebagai santapan awal berbuka. Manfaat kurma ini baik sekali, salah satunya mengembalikan energi setelah berpuasa seharian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.