PP Gaji ke-13 dan THR PNS Tinggal Diteken Jokowi

Oleh Fiki Ariyanti pada 22 Mei 2017, 13:05 WIB
THR PNS

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan pencairan gaji ke-13 dan ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) tinggal menunggu pengesahan Peraturan Pemerintah (PP) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Gaji ke-13 dan THR akan dibayarkan berbarengan di Juni 2017.

"PP (gaji ke-13 dan THR) tinggal nunggu arahan Presiden. Lagi menunggu penetapan," tegas Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Askolani mengungkapkan, pembayaran gaji ke-13 dan THR bakal berlangsung di bulan yang sama, yakni Juni. Alasannya, kata dia, karena Lebaran jatuh di Juni, sedangkan tahun ajaran baru dimulai awal Juli.

"Awal Juli kan anak-anak mulai masuk sekolah. Jadi mudah-mudahan bulannya sama di Juni (pembayaran THR dan gaji ke-13), seperti tahun lalu tapi tanggalnya bisa beda. THR sebelum Lebaran, kalau gaji ke-13 sebelum anak masuk sekolah," jelasnya.

Sementara untuk anggaran gaji ke-13 dan THR, diakui Askolani sama dengan tahun lalu. Pemerintah menganggarkan sekitar Rp 14 triliun untuk pembayaran gaji ke-13 dan THR di 2016. Rinciannya masing-masing sekitar Rp 7 triliun.

"Anggarannya sama dengan tahun lalu. Itu anggaran ada di semua kementerian/lembaga (K/L), nanti mekanisme ada di K/L, tidak susah, tinggal cairkan saja supaya punya manfaat," ujar Askolani.

Ia menegaskan, para pegawai negeri aktif akan mendapatkan gaji ke-13 dan THR. Sementara, pensiunan PNS hanya memperoleh gaji ke-13 tanpa THR.

"Kalau THR kan untuk aparatur negara saja. Pensiun dapat (gaji) 13. Nanti diberikannya sebelum Lebaran," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Dewi PurwaDewi Purwa

iya, kan sama kayak swasta juga. THR hanya diberikan ke pegawai aktif

Reni EkasariReni Ekasari

kasihan ibu saya pensiunan pns,,,sangat mengharapkan gaji ke 14,,,mgkn sama dg pensiunan lainnya jg pengen dikasih,,pemerintah ga adilllga kasihan apa sama pensiunan,,mereka juga dulunya sudah mengabdi sama negara

AbdulrosyidAbdulrosyid

Sepengetahuan sy sejak lama pns / pensiunan tak ada istilah dapat tunj hr raya, yg ada hanya gaji ke 13 dan kenaikan gaji poko setiap tahunnya ( yg sekarang disebut gaji ke 14 sbg pengganti tidak ada kenaikan gj.pokok untuk pns/pensiunan pns, tni polri ) gaji ke 14 pensiunan pns kenapa tdk dibayar ?