5 Trik Jitu Buat Pekerja Paruh Waktu Jadi Profesi Utama

Oleh Vina A Muliana pada 23 Mei 2017, 08:01 WIB
Diperbarui 23 Mei 2017, 08:01 WIB
Ilustrasi. Freelance
Perbesar
Ilustrasi. Freelance

Liputan6.com, Jakarta - Fleksibilitas tinggi yang bisa didapat seseorang ketika bekerja paruh waktu (freelance) membuat banyak orang memilih terjun ke bidang ini.

Tak jarang pula, penghasilan yang didapat dari pekerjaan paruh waktu bisa lebih tinggi dibanding pekerjaan utama, alhasil keinginan untuk pindah pekerjaan terbersit di pikiran Anda.

Meski bukan sesuatu yang banyak dilakukan orang, bukan berarti Anda tidak bisa menjadikan pekerjaan paruh waktu sebagai profesi utama. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Apa saja? Melansir Entrepreneur.com, Selasa (20/5/2017) berikut ulasannya:

1. Menawarkan lebih dari satu pekerjaan

Agar bisa menjadikan pekerjaan paruh waktu menjadi profesi utama Anda maka Anda harus bisa mengira berapa penghasilan yang bisa Anda kantongi setiap bulannya.

Tambahan penghasilan ini juga bisa Anda dapatkan dari menawarkan lebih dari satu pekerjaan yang Anda kuasai.

2. Pilih proyek jangka panjang

Proyek yang berjangkan panjang akan membuatmu berada di situasi yang stabil untuk menabung dari hasil-hasil bekerja. Uang yang didapat dari proyek jangka panjang juga bisa lebih banyak.

3. Bijak terhadap waktu

Menjadi seorang freelancer bukan berarti Anda bisa seenaknya untuk kerja. Anda tetap harus membuat jadwal untuk mengerjakan tugas-tugas yang ada. Jadi, buatlah deadline untuk diri sendiri sebelum mendekati deadline dari proyek yang sedang kerjakan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tawarkan jasa

 

4. Tawarkan jasa ke keluarga dan teman dekat

Jangan segan untuk menawarkan jasa dan pekerjaan yang sedang Anda kerjakan ke keluarga dan teman-teman terdekat. Orang-orang ini justru bisa menjadi klien terloyal yang Anda miliki.

5. Bergabung dengan komunitas

Dengan bergabung bersama komunitas-komunitas freelancer, maka Anda akan mendapatkan banyak link untuk mendapatkan pendapatan lebih dari tawaran kerja lainnya.

Selain itu, Anda juga menjadi punya teman untuk bekerja dan bisa memperoleh pengalaman atau info-info baru dari mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya