Sukses

5 Proyek Konstruksi Terbesar di Asia

Negara-negara di Asia membangun berbagai proyek konstruksi dengan nilai sangat fantastis di 2017 ini.

Liputan6.com, Jakarta Negara-negara di Asia membangun berbagai proyek konstruksi dengan nilai sangat fantastis di 2017 ini. Hal tersebut wajar, karena keberadaan proyek konstruksi dapat menggenjot perekonomian suatu negara.

Berbicara mengenai proyek konstruksi, berikut ini adalah 5 proyek konstruksi terbesar di Asia yang dirangkum oleh portal properti global Lamudi, Sabtu (20/5/2017):

5. Bandara Internasional Daxing Beijing

Sebagai bandara terbesar di dunia, proyek senilai $12 miliar ini menggeser popularitas Bandara Nanyuan Beijing dan diperkirakan bisa menampung lebih dari 45 juta penumpang setiap tahunnya. Bandara ini akan memiliki 78 gate, sebuah stasiun kereta, dan hotel kapsul yang trendi.

4. Jeddah Economic City

Juga dikenal sebagai Jeddah Kingdom City, proyek ini terdiri atas area komersial dan residensial dimana di dalamnya terdapat hunian, hotel, perkantoran hingga outlet retail.

Proyek senilai $20 miliar ini dibangun di atas lahan seluas 5,2 km persegi dengan Jeddah Tower sebagai ikonnya, yang juga merupakan gedung tertinggi di dunia. Setelah selesai, proyek ini akan menampung 210 ribu penghuni dan 197,500 non penghuni untuk dapat menikmati segala fasilitas yang tersedia.

3. Bandara Al Maktoum Dubai

Pembangunan bandara terbaru di Dubai ini diperkirakan menghabiskan dana sebesar $33 miliar dan dapat menampung sekitar 130 juta penumpang pada tahun 2025.

Sedikitnya 80 persen operasi flydubai akan dipindahkan dari Bandara Internasional Dubai ke Al Maktoum. Ketika semua tahap pembangunan sudah selesai, bandara ini akan memiliki kapasitas untuk menangani sekitar 220 juta penumpang.

2. Delhi Mumbai Industrial Corridor

PDB di India telah melonjak sekitar 7 persen dan pemerintah setempat sangat berusaha untuk meningkatkan daya saing global melalui berbagai cara seperti ‘Make in India’. Untuk mencapai tujuan tersebut, negara ini tentu membutuhkan infrastruktur kelas dunia termasuk fasilitas yang mutakhir.

Dalam upaya pengembangan ekosistem bisnis, 5 koridor industri kini sedang dalam pembangunan. Salah satunya adalah Delhi Mumbai Industrial Corridor (DMIC) yang akan menjadi proyek infrastruktur terbesar dengan nilai investasi $100 miliar.

Terpenting, jika proyek ini selesai, DMIC akan memberikan 25 juta kesempatan kerja baru dan sebagian besar adalah pekerjaan di bidang manufaktur. Proyek ini juga ditampilkan dalam ‘100 Most Innovative Global Projects’ versi KPMG.

1. One Belt, One Road

Proyek terambisius dari China ini berpotensi menjadi platform kolaborasi regional terbesar di dunia. Belt ini adalah jalan yang bermulai di Asia dan berakhir di Skandinavia.

Jalur ini pada dahulu kala disebut sebagai Jalur Sutera dan menjadi akses perdagangan dari China hingga Venesia. Ketika proyek ini selesai, proyek ini akan meng-cover sekitar 65 persen populasi dunia,  sepertiga PDB dunia, serta  seperempat barang dan jasa di dunia. Nilai konstruksi proyek ini diperkirakan sebesar $150 miliar. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.