Sukses

5 Tips Sukses Berbisnis yang Tak Lekang oleh Waktu

Profesi pengusaha kini makin diminati anak muda, akan tetapi butuh proses untuk menjadi pengusaha sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Istilah entrepreneur makin naik daun. Berbagai seminar, buku, dan anjuran menempatkan entrepreneur sebagai profesi keren. Apalagi jika dibumbui dengan kata muda atau sukses.

Sebenarnya entrepreneur sudah ada sejak dulu. Namun dulu lebih dikenal dengan istilah wiraswasta. Baik entrepreneur maupun wiraswasta sebenarnya punya rahasia sukses yang sama. Ini beberapa tips sukses berbisnis yang tidak lekang dimakan waktu, seperti dikutip dari www.cekaja.com, Minggu (14/5/2017):

1. Mempelajari kompetitor

Sebagai entrepreneur, Anda harus tahu siapa kompetitor bisnis Anda. Apa produk mereka, bagaimana strategi penjualan, dan apa yang menjadi kelebihan produk.

Pengetahuan ini membuat Anda lebih unggul dari kompetitor. Salah satunya dengan memanfaatkan kelemahan kompetitor. (Baca juga: 10 Hal yang Harus Dilakukan Kalau Tidak Ingin Bisnis Rugi Mendadak)

2. Selalu punya inovasi

Ketika bisnis Anda makin berkembang, tandanya Anda harus semakin rajin mencari inspirasi untuk inovasi produk. Mungkin ada aplikasi yang bisa membuat penjualan produk makin pesat. Atau ada layanan yang membuat distribusi produk Anda makin luas. Jangan malas mencari tahu.

3. Mengerti keinginan pasar

Namanya juga jualan, Anda harus memahami apa yang diinginkan pasar. Idealis dalam berbisnis boleh saja, bahkan lebih hebat lagi kalau Anda bisa menciptakan pasar sendiri. Namun tentunya idealisme harus diimbangi dengan mendengar keinginan calon konsumen.

4. Dengarkan keluhan konsumen dan beradaptasi

Keberlangsungan suatu bisnis bergantung pada penjualan. Ini artinya, Anda harus responsif terhadap konsumen jika tidak ingin kehilangan angka penjualan. Bukan hanya respons pada keluhan, melainkan juga pada masukan.

Misalnya Anda memproduksi tas handmade berbahan kulit. Selama ini Anda hanya memproduksi jenis tote bag. Ternyata beberapa konsumen merasa kurang suka dengan ukuran tote bag yang besar, terutama konsumen bertubuh mungil. Anda bisa membuat survei kecil-kecilan sebelum mengeluarkan ukuran baru. (Baca juga: Barang-barang dengan Manfaat Ganda yang Harus Dimiliki Pengusaha)

5. Merespons perubahan

Dunia bisnis sangat dinamis. Oleh karena itu seorang entrepreneur harus menerima perubahan dan beradaptasi secepat mungkin. Sudah banyak kejadian saat bisnis bangkrut karena tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Banyak pula bisnis yang baru didirikan satu tahun lalu namun bisa mengubah dunia di tahun berikutnya.

Salah satu kunci agar tidak ketinggalan adalah melek digital. Jangan ragu untuk mempekerjakan orang yang lebih tahu soal digital demi kemajuan bisnis Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.