Sukses

Menilik Anggaran dan Kekuatan Militer Korea Utara

Ketegangan tengah terjadi di semenanjung Korea.

Liputan6.com, Jakarta Ketegangan tengah terjadi di semenanjung Korea. Aksi uji coba rudal balistik oleh Korea Utara banyak dikecam oleh dunia internasional.

Korea Utara dikenal negara yang tengah mengembangkan kekuatan militer di bawah kepemimpinan Presiden Kim Jong Un. Lalu, bagaimana kekuatan militer Korea Utara itu?

Berdasarkan data dari Global Fire Power 2017, pengembangan senjata Korea Utara didukung anggaran US$ 7,5 miliar, ditambah utang luar negerinya sebesar US$ 5 miliar.

Dengan kekuatan financial defense tersebut, kini Korea Utara memiliki tank sebanyak 5.025 ditambah dengan peluncur roket (MLRSs) sebanyak 2.400 unit.

Dari kekuatan pertahanan di sisi udara, Korea Utara memiliki jumlah pesawat 944 unit. Dari jumlah itu, setidaknya ada 458 jet tempur yang dimiliki negara ini. Untuk menunjang kekuatan udara itu, Korea Utara juga mempunyai 202 helikopter.

Sementara dari sisi kekuatan armada laut, Korea Utara hanya memiliki 11 kapal jenis frigate dan 438 kapal penjaga pantai.

Berdasarkan peringkat kekuatan militer ini, Korea Utara menempati peringkat 23 di dunia, dan peringkat 13 di Asia Pasifik. ranking itu naik jika dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di peringkat 36.

Namun, Korea Utara masih berada di bawah Indonesia. Peringkat Indonesia jauh di atas Korea Utara. Di dunia, kekuatan militer RI berada di peringkat 14 dan peringkat 8 di Asia Pasifik. (Yas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.