Sukses

BEI Dapat Tambahan Dua Emiten Baru

Sepanjang 2017, ada sekitar 7 emiten yang mencatatkan saham di papan pencatatan PT Bursa Efek Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Saham dua emiten baru akan tercatat di papan pencatatan PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Emiten tersebut ialah PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk (TAMU) dan PT Cahayasakti Investindo Sukses Tbk (CSIS).

Saham kedua emiten tercatat di papan pengembangan BEI. TAMU akan menjadi emiten ke-6, sedangkan CSIS menjadi emiten ke-7 tahun ini.

Mengutip keterbukaan BEI, Rabu (10/5/2017), Pelayaran Tamarin Samudra berada pada sektor offshore support services. Saham yang ditawarkan ke publik atau initial public offering (IPO) sebanyak 750 juta saham. Kemudian, saham perusahaan yang tercatat 3 miliar saham. Jadi, total saham tercatat sebanyak 3,75 miliar saham.

Harga saham yang ditawarkan ke publik sebesar Rp 110 per saham dengan nominal Rp 100. Dengan begitu, perseroan memperoleh dana segar sebanyak Rp 82,5 miliar. Kapitalisasi pasar yang terwujud mencapai Rp 412,5 miliar.

Seluruh atau 100 persen penggalangan dana publik tersebut akan digunakan untuk modal kerja operasional sehari-hari seperti pembiayaan peralatan.

Cahayasakti Investindo Sukses bergerak di sektor properti. Saham perseroan yang ditawarkan ke publik sebanyak 207 juta saham. Saham perseroan yang tercatat 1,1 miliar saham. Total saham tercatat sebanyak 1,307 miliar saham.

Harga saham yang ditawarkan ke publik ialah Rp 300 per saham dengan nilai nominal Rp 100. Dana yang berhasil diraih dari IPO sebanyak Rp 62,1 miliar dan kapitalisasi pasar yang menjadi Rp 392,1 miliar.

Lebih lanjut, dana tersebut akan digunakan sebanyak 78 persen untuk modal kerja, 10 persen untuk membayar utang, dan sisanya 12 persen untuk belanja modal.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering.

    IPO

  • emiten