Sukses

AP II Bakal Bangun Terminal 4 Bandara Soetta

PT Angkasa Pura (AP) II akan membangun Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura (AP) II akan membangun Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Rencananya, terminal tersebut akan lebih efisien dan sederhana dibandingkan Terminal 3‎ yang ada saat ini.

Kepala Project Management Unit Bandara Soekarno-Hatta Agung Sedayu‎ mengatakan, saat ini proyek tersebut masih dalam proses perencanaan. Bila tidak ada halangan, diperkirakan pembangunan proyek ini bisa dimulai pada tahun depan.

"Kita lagi proses detail engineering design, waktunya kami coba sinkronkan. Jadi segera akan dibangun kelanjutan dari terminal 3 yang sekarang," ujar dia ‎dalam rangkaian acara The 5th Annual Jakarta Marketing Week 2017, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Menurut Agung, pihaknya akan menyiapkan lahan sekitar 100 hektar (ha) untuk proyek ini. Sedangkan untuk anggaran, pembangunan Terminal 4 ini diperkirakan menelan biaya sebesar Rp 5 triliun.

"Ada sekitar 100 hektar, ya kalau dia 3 Lantai sudah 300 ha. (Investasi) ‎Kira-kira bisa sampai Rp 5 triliun, tapi kami belum bisa keluarkan angkanya (pasti)," kata dia.

Agung mengungkapkan, Terminal 4 ini akan berbeda dengan Terminal 3 yang mewah dan megah. Rencananya, Terminal 4 ini akan dibangun secara lebih efisien dibandingkan Terminal 3.

‎‎"Mungkin beda (dengan Terminal 3), kami sedang buat basic design. Tapi nanti kita hitung dulu semuanya, bisa lebih mewah atau lebih efisien. Yang penting efisien dulu, kami berhitung juga ekonominya," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.