Menperin: Wuling Mulai Produksi MPV Tengah Bulan Ini

Oleh Septian Deny pada 02 Mei 2017, 20:01 WIB
Diperbarui 02 Mei 2017, 20:01 WIB
Airlangga Hartarto
Perbesar
Airlangga Hartarto kini menjabat sebagai Menteri Perindustrian

Liputan6.com, Jakarta Produsen mobil asal China, Saic-GM-Wuling (SGMW) akan mulai memproduksi kendaraan roda empat di Indonesia mulai pertengahan bulan ini. Pabrik produsen otomotif di Cikarang itu hampir rampung dibangun.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, rencananya itu akan diresmikan pada pertengahan Juli 2017. Namun Wuling sudah bisa memulai proses produksinya dalam waktu dekat.

"Pabriknya sudah hampir selesai, tapi akan diresmikan pada pertengahan bulan Juli," ujar dia di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Airlangga menjelaskan, ada dua jenis mobil yang akan diproduksi oleh Wuling, yaitu MPV dan SUV. Untuk MPV akan diproduksi lebih cepat yaitu pada pertengahan bulan ini.

"Ada dua jenis mobil, ada MPV dan SUV. MPV akan mulai produksi pertengahan bulan ini, SUV akhir tahun tahun," lanjut dia.

Airlangga juga mengungkapkan, untuk tahap awal, Wuling akan memproduksi sekitar 200 ribu unit kendaraan. Namun dia belum mengetahui secara persis berapa harga jual dari mobil yang akan diproduksi.

"Bertahap 200 ribu. (Harga?) Tanya mereka," kata dia.

Meski produk Jepang sangat dominan menguasai pasar otomotif Indonesia, namun Airlangga optimis Wuling bisa bersaing di pasar Indonesia. Sebab, produsen tersebut telah mampu menguasai pasar di dalam negerinya.

"‎Mereka bisa bersaing karena di China produksi mobilnya 22 juta unit, jadi punya daya saing yang kuat," tandas dia.

 

Live Streaming

Powered by