Sukses

5 Orang Terkaya yang Dulang Untung dari Restoran Cepat Saji

Perusahaan sukses yang dipimpinnya bermula dari ide mereka berjualan makanan cepat saji.

Liputan6.com, New York - Bagi beberapa miliarder dunia ini, membangun kekayaan dalam jumlah besar ternyata bisa dimulai dengan cara sederhana. Lima orang miliarder ini sebagai contohnya. Perusahaan sukses yang dipimpinnya bermula dari ide mereka berjualan makanan cepat saji.

Siapa sangka dengan berjualan burger atau nasi goreng senilai US$ 3 atau Rp 39 ribu, mereka mampu mendulang untung besar. Melansir Forbes, Selasa (2/5/2017), dari total 2.043 orang yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia, 14 di antaranya merupakan pengusaha restoran cepat saji.

Berikut ulasannya:

1. Marian Ilitch dan Keluarga
Perusahaan: Little Caesars
Kekayaan: US$ 6 miliar

Marian Ilitch dan kelima anaknya memiliki kekayaan senilai US$ 6 miliar. Mereka mampu masuk ke daftar miliarder setelah membesarkan restoran cepat saji yang menjual pizza. Restoran bernama Little Caesars tersebut mampu menjadi salah satu restoran pizza terbesar di Amerika.

2. Bubba Cathy dan Dan Cathy
Perusahaan: Chick-Fil-A
Kekayaan: US$ 3,8 miliar

Bubba serta saudaranya Dan Cathy mewarisi perusahaan restoran cepat saji Chick-Fil-A sejak ayahnya meninggal dunia pada 2014 lalu. Ayahnya, Truett Cathy pertama kali membuka bisnis ini di Atlanta pada tahun 1967. Perusahaannya terus meningkat hingga mereka berdua memiliki kekayaan US$ 3,8 miliar.

3. Tony Tan Caktiong dan Keluarga
Perusahaan: Jollibee
Kekayaan: US$ 3,4 miliar

Jollibee merupakan restoran yang menyajikan masakan Filipina, China, Amerika dan Eropa. Perusahaan ini pertama kali dirinti di Filipina pada 1978. Setelahnya, Jollibee terus berkembang hingga memiliki 2.900 outlet di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Andrew dan Peggy Cherng

4. Andrew dan Peggy Cherng
Perusahaan: Panda Express
Kekayaan: US$ 3,1 miliar

Panda Express dibuat oleh Andrew dan Peggy Cherng. Pasangan yang merupakan imigran dari China dan Burma tersebut pertama kali membuka usahanya pada 1983 di sebuah mall di Los Angeles. Makanan yang dibuatnya kemudian banyak terkenal dan keduanya pun berhasil masuk dalam daftar miliarder Forbes.

5. John Schnatter
Perusahaan: Papa John's
Kekayaan: US$ 1 miliar

Hanya bermodalkan US$ 1600 pada 1984, untuk membeli peralatan dari sebuah restoran bekas, John Schnatter mulai mewujudkan impiannya dengan membuat usaha pizza. Usaha dagang yang diberi nama Papa John ini kini membuatnya duduk sebagai pendatang baru di daftar miliarder Forbes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.