Sukses

Pasokan Berkurang, Harga Bawang Merangkak Naik

Harga bawang, baik bawang merah dan putih mulai naik di pasar tradisional.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang, baik bawang merah dan putih mulai naik di pasar tradisional. Harga bawang merah saat ini mencapai Rp 32 ribu per kilogram (kg), sementara harga bawang putih mencapai Rp 60 ribu per kg.

Hadi Sukarto (58), pedagang di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan mengatakan, harga bawang mengalami kenaikan sejak awal  April 2017. Harga bawang merah sebelumnya Rp 25 ribu per kg.

"Sekarang agak naik modal dari Pasar Induk Rp 24 ribu per kg, kalau disisir di sini Rp 32 ribu per kg. Kalau yang gede Rp 35 ribu per kg," kata dia dia saat berbincang dengan Liputan6.com, di Pasar Kebayoran Lama, Senin (24/4/2017).

Sementara, harga bawang putih naik dari awal bulan sekitar Rp 44 ribu per kg. Sekarang, harganya mencapai Rp 60 ribu per kg. Harga bawang putih di  Pasar Induk Kramat Jati telah mencapai Rp 55 ribu per kg.

"Waktu Rp 44 ribu per kg sudah Rp 40 ribu per kg (di Pasar Induk), kalau sekarang sudah Rp 60 ribu per kg," ujar dia.

Kenaikan harga bawang ditengarai karena berkurangnya pasokan di Pasar Induk. "Ya begitu, ada ya ada, cuma pasokan kurang," imbuh dia.

Sementara, komoditas lain berangsur turun. Harga cabai keriting merah sekarang di kisaran Rp 32 ribu per kg dari sekitar Rp 60 ribu per kg. Kemudian, harga cabai rawit merah di kisaran Rp 80 ribu per kg.

"Dari harga terakhir Rp 200 ribu per kg, Rp 160 ribu per kg, langsung Rp 80 ribu per kg sebulan terakhir. Di Induk-nya ada Rp 55 ribu per kg, ada yang Rp 45 ribu per kg, ada yang Rp 60 ribu per kg," jelas dia.

Pedagang lain Sobari (50) membenarkan hal tersebut. Dia menuturkan, harga bawang merangkak naik berbanding terbalik dengan harga cabai yang perlahan turun turun.

"Bawang kalau kosong naik, pengiriman terlambat langsung mahal," pungkas dia.

Berikut pantauan harga Liputan6.com:

Cabai keriting merah Rp 32 ribu per kg
Cabai rawit merah Rp 80 ribu per kg
Bawang merah Rp 32 ribu per kg
Bawang putih Rp 60 ribu per kg
Tomat Rp 13 ribu per kg
Kentang Rp 15 ribu per kg
Sawi Rp 10 ribu per kg
Kol Rp 10 ribu per kg
Daun bawang Rp 14 ribu per kg
Seledri Rp 30 ribu per kg
Timun Rp 8 ribu per kg
Wortel lokal Rp 12 ribu per kg
Wortel impor Rp 40 ribu per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.