Sukses

AirAsia Akuisisi 50 Persen Saham Touristly Senilai Rp 34 Miliar

AirAsia menyuntikkan aset dan kesepakatan pinjaman kepada Touristly senilai 11,5 juta ringgit Malaysia atau sekitar Rp 34 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia Berhad mengakuisisi 50 persen saham startup yang bergerak di bidang perencanaan perjalanan online, Touristly Travel Sdn Bhd (Touristly). Dalam Akuisisi ini, AirAsia menyuntikkan aset dan kesepakatan pinjaman senilai 11,5 juta ringgit Malaysia atau sekitar Rp 34 miliar.

​CEO Grup AirAsia Tony Fernandes mengatakan, AirAsia melihat potensi yang sangat besar pada Touristly. Produk dari startup tersebut akan melengkapi penawaran perjalanan AirAsia. "Pelanggan kami akan dapat memilih dari ribuan kegiatan wisata saat membeli tiket penerbangan dan hal ini dapat membawa kami selangkah lebih dekat untuk menjadi maskapai digital yang sesungguhnya," jelas dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (20/4/2017).

​​CEO Touristly Aaron Sarma mengatakan, perusahaan memang ingin menjalin kerja sama dengan AirAsia sejak awal. AirAsia telah berkiprah selama 15 tahun di industri perjalanan dan dipastikan bisa membantu Touristly untuk lebih memahami pasar Asia Pasifik dan beradaptasi dengan cepat untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggan.

"Mimpi kami adalah untuk membantu wisatawan yang ingin menjelajahi wilayah Asia Pasifik untuk menemukan hal-hal menakjubkan dan kami sangat senang dapat berbagi platform kami dengan lebih banyak orang." kata dia. 

Dalam akuisisi ini, AirAsia Berhad menyuntikkan aset yaitu program digital dari majalah inflight AirAsia, Travel 3Sixty senilai 6,5 juta ringgit atau sekitar Rp 19 miliar kepada Touristly melalui AirAsia Investments Ltd. Selain itu, AirAsia berhad juga memberikan fasilitas pinjaman (convertible loan) kepada Touristly senilai 5 juta ringgit atau sekitar Rp 15 miliar untuk modal kerja dan pengembangan.

Rangkaian program digital tersebut terdiri dari branding secara online untuk majalah inflight AirAsia, Travel 3Sixty; touchpoint di airasia.com dan aset untuk beriklan secara online lainnya, yang memungkinkan Touristly untuk menjangkau 60 juta pelangganAirAsia setiap tahun.

Touristly, yang setelah kesepakatan ini akan beroperasi dengan nama Travel 3Sixty, juga akan mendapatkan akses ke aset untuk beriklan secara offline, termasuk di majalah fisik Travel 3Sixty, ruang penyimpanan bagasi kabin di atas tempat duduk penumpang dan meja yang terdapat di depan kursi penumpang di pesawat AirAsia. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.