Sukses

Biaya Logistik RI Lebih Tinggi Dibanding Negara Lain di ASEAN

Pemerintah sendiri telah berupaya menekan porsi biaya logistik serta kecepatan logistik, yakni dengan paket kebijakan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Biaya logistik di Indonesia mengambil porsi besar dalam produksi sebuah barang. Sebab itu biaya logistik di Indonesia masih lebih tinggi dibandingkan negara tetangga di ASEAN.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Heru Pambudi mengatakan, dari 100 persen biaya produksi barang, sebesar 25 sampai 26 persen merupakan biaya logistik.

Kondisi ini berbeda dengan Thailand, Vietnam, dan Malaysia yang porsi biaya logistiknya lebih rendah. "Kalau negara sebelah Thailand 15 persen. Vietnam, Malaysia 13 persen. Kalau dibandingkan Indonesia dua kali lipat," kata dia dalam capaian setahun program Pusat Logistik Berikat (PLB) di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Padahal, lanjut Heru, persaingan ke depan semakin ketat. Masing-masing negara akan semakin efisien. "Tantangan semakin besar, mengingat mereka semakin mengefisienkan," imbuh dia.

Dia mengatakan, pemerintah sendiri telah berupaya menekan porsi biaya logistik serta kecepatan logistik, yakni dengan paket kebijakan ekonomi II terkait PLB.

"Setelah setahun lebih sedikit PLB kita kembangkan, saat ini 34 perusahaan dengan lokasi di 42 yaitu Sumatera, Jawa Kalimantan. Sulawesi, Papua segera menyusul. Sehingg a nanti sesuai arahan Presiden semua pulau diwajibkan menyediakan logistic center," terang dia.

 

[vidio:]()

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.