Sukses

Maskapai Berbiaya Murah Asal Korsel Siap Terbangi Lombok

Petinggi Korean Air telah mengirimkan surat resmi ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terkait penerbangan ke Lombok.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai berbiaya murah Jin Air menyatakan minat untuk menerbangi Indonesia. Jin Air merupakan anak usaha dari maskapai asal Korea Selatan, yakni Korean Air.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan, petinggi dari Korean Air telah mengirimkan surat resmi ke BKPM. Intinya, Jin Air siap terbang ke Indonesia dengan tujuan Lombok.

"Saya sudah dapat surat resmi dari Chairman Korean Air. Dia punya satu anak perusahaannya, namanya Jin Air. Bahkan dia sudah siap terbangkan 777 Boeing 777 pesawat besar, ke Lombok," kata dia di Kantor Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Senin (10/4/2017).

Namun, Thomas mengatakan, supaya pesawat tersebut terbang ke Lombok butuh persiapan yang matang. Sebab, Boeing 777 masuk dalam kategori pesawat berbadan lebar atau wide body, sehingga membutuhkan landas pacu yang lebar.

Tak hanya itu, untuk terbang ke Lombok juga perlu penyesuaian dari sistem navigasi. Jadi, pesawat tak mengalami masalah kendati cuaca buruk.

"Tapi perlu modifikasi di bandara. Di ujung runway itu untuk pesawat segede itu bisa putar balik. Ruangnya agak sempit. Kemudian tadi itu sistem navigasi dan radar supaya pesawat seperti ini dalam cuaca buruk pun masih bisa terbang," ucap dia.

Thomas ingin pesawat ini segera mungkin terbang ke Indonesia. Oleh karena itu, perlu koordinasi dengan instansi terkait.

"Harus sesegera mungkin. Tujuan saya pagi ini koordinasikan semua aspek ini dengan Menko Maritim," tutur dia.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.