Norwegia Akan Bangun Terowongan Kapal Laut Pertama di Dunia

Oleh Nurmayanti pada 07 Apr 2017, 08:15 WIB
Diperbarui 07 Apr 2017, 08:15 WIB
Ilustrasi terowongan kapal di Norwegia. (Doc/Norwegian Coastal Administration)
Perbesar
Ilustrasi terowongan kapal di Norwegia. (Doc/Norwegian Coastal Administration)

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi proyek besar akan dibangun salah satu negara maju. Norwegia berencana membangun terowongan kapal laut pertama di dunia.

Terowongan sepanjang satu mil (1,7 kilometer) dengan lebar 36 meter ini akan dibangun menembus Pegunungan Semenanjung Stad.

Terowongan ini memungkinkan kapal laut melewati perairan berbahaya di pantai barat, sehingga membuat pelayaran lebih aman, terutama saat melewati kawasan Stadhavet yang kerap terjadi badai.

Seperti mengutip laman CNBC, Jumat (7/4/2017), proyek senilai US$ 315 juta ini akan menjadi terowongan kapal laut pertama di dunia yang menembus gunung.

Terowongan dirancang memudahkan akses bagi kapal barang dan penumpang dengan berat hingga 16 ribu ton.

Wilayah Stad selama ini dikenal dengan kondisi cuacanya yang terkenal ekstrem. "Kombinasi dari angin, arus dan gelombang di sekitar wilayah ini merupakan bagian terutama dari pantai Norwegia," demikian penjelasan Norwegian Coastal Administration dalam catatannya.

Dikatakan pula, kondisi ini juga menyebabkan gelombang besar kerap terjadi selama beberapa hari meski kondisi angin mereda. Hal ini menyebabkan kondisi berlayar menjadi sulit meski saat hari tak berangin.

Rencananya pembangunan terowongan akan dimulai pada 2019 dengan lama waktu pengerjaan tiga sampai empat tahun.

Adapun salah satu kapal yang bisa melintas terowongan ini adalah Bergen-Kirkenes Coastal Express yang menghubungkan wilayah utara dan selatan Norwegia.

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid