Sukses

RI–Australia Perluas Kerja Sama Sektor Transportasi

Pemerintah Indonesia telah mendapat bantuan terkait dengan keselamatan dan keamanan transportasi dari Australia sejak 2007.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah mendapat bantuan terkait dengan keselamatan dan keamanan transportasi dari Australia sejak 2007 lalu. Dalam 10 tahun tersebut, setidaknya lebih dari 100 proyek telah diusung bersama antara Indonesia dengan Australia di sektor perhubungan udara, perhubungan laut, KNKT, Basarnas serta keselamatan jalan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan, banyak manfaat yang sudah dirasakan pemerintah Indonesia dari program-program bantuan melalui Indonesian Transport Safety and Security Assistance Package (ITSAP).

“Antara lain mengantarkan Indonesia memperoleh Katagori I di Federal Administration Aviation (FAA), pengembangan navigasi di Papua, ini merupakan hasil pembentukan technical assistance dari pihak Australia,” kata Sugihardjo dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (6/4/2017).

Pada tahun 2017 ini, perjanjian MoU kedua negara akan dikembangkan tidak hanya sebatas masalah keselamatan dan keamanan transportasi tapi juga diperluas ke sektor infrastruktur dan investasi yang akan melibatkan banyak pihak termasuk pelaku bisnis seperti BUMN dan swasta.

“Tahun ini MoU kedua negara akan diperbaharui jadi lingkupnya tidak hanya safety dan security, di bidang maritim dan aviasi saja tapi akan lebih luas termasuk kerja sama di bidang infrastruktur kaitan dengan juga investasi, ini akan baik bagi ekonomi kedua negara,” ujarnya.

Pembangunan infrastruktur merupakan prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo–Jusuf Kalla. Sehigga pengembangan infrastruktur khususnya transportasi akan terus didorong.

Terdapat sedikitnya 6 hal penting yang telah disepakati pemerintah Indonesia dan pemerintah Australia, yaitu:

a. Pengesahan MoU Between the Goverment of Indonesia and the Australian Goverment on Transportation Cooperation Sector untuk selanjutnya dapat ditandatangani oleh Menteri Perhubungan pada kesempatan yang akan datang.
b. Menawarkan potensi investasi di bidang infrastruktur transportasi Indonesia seperti pelabuhan, bandara, dan kereta api melalui skema Public Private Partnership (PPP).
c. Pengembangan capacity building program sebagai kelanjutan program capacity building sebelumnya untuk keselamatan dan keamanan transportasi.
d. Peningkatan konektivitas transportasi untuk mendukung program Nawacita Presiden yang memprioritaskan pembangunan dari pinggiran atau perbatasan antar negara.
e. Mendorong peran aktif BUMN dan swasta dalam melaksanakan kerjasama transportasi kedua negara.
f. Tujuan akhir dari kerjasama bilateral RI Australia adalah untuk meningkatkan perekonomian, perdagangan dan pariwisata.

Pada kesempatan yang sama, Shane Carmody, Deputy Secretary of the Departement of Infrastructure and Regional Development Australia. menyebutkan pertemuan ini sangat penting bagi Australia. Shane berharap hubungan kerjasama Indonesia-Australia akan lebih baik lagi ke depannya.

“Selama lebih dari 10 tahun kami sudah mengembangkan hubungan yang sangat baik di safety terutama untuk aviation safety dan juga keamanan penerbangan, kami berharap akan lebih baik ke depannya,” pungkasnya. (Gdn/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.