Sukses

Jumlah Miliarder Dunia Berkurang Jadi 2.397 Orang

Jumlah orang kaya dunia turun pada tahun lalu, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah orang kaya dunia turun pada tahun lalu, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Melansir Fortune, Kamis (6/3/2017), populasi miliarder turun 3,1 persen ke angka 2.397 dari tahun sebelumnya. Itu artinya, ada 283 yang kehilangan statusnya sebagai miliarder, sementara ada 10 orang kaya baru yang masuk dalam daftar di 2017.

Menurut CNN yang mengutip Wealth X ini adalah penurunan tahunan pertama sejak krisis finansial. Namun meski ada penurunan, populasi yang berjumal 2.397 tersebut memiliki total kekayaan hingga US$ 7,4 triliun.

Kawasan Asia Pasifik menunjukkan penurunan paling banyak. Laporan CNN, 7 persen dari miliarder di kawasan tersebut turun di 2016. Hong Kong juga termasuk, 19 persen dari jumlah miliarder di sana terlempar dari daftar. Sementara di Eropa, Rusia mengalami penurunan jumlah miliarder hingga 15 persen.

Kebalikannya, di Amerika menunjukkan kenaikan jumlah miliarder dengan 2 persen, di mana Amerika Serikat menunjukkan kenaian paling besar dengan 6 persen.

Penguatan dolar dan pasar saham adalah sebab dari kenaikan ini, menurut CNN. Timur Tengah juga mengalami kenaikan. Jumlah miliardernya naik 1,8 persen.

Dari seluruhnya, Amerika Serikat, China, Jerman, Rusia, dan Inggris punya miliarder paling banyak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini