Sukses

Baru Terjual 45 Persen, Ayo Berburu Tiket Kereta Lebaran

KAI menyatakan tiket kereta mudik Lebaran masih tersedia untuk jadwal keberangkatan H-10 hingga H-7 dengan jurusan dan tanggal tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan tiket kereta api untuk mudik Lebaran masih tersedia cukup banyak hingga saat ini. Dari 3,3 juta tiket yang disiapkan, sudah terjual 45 persen atau sebanyak 1,4 juta tiket ke berbagai tujuan.

Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro menetapkan jadwal operasi kereta api masa angkutan lebaran dari H-10 sampai dengan H2+15 atau total 27 hari. Dari jadwal pemberangkatan itu, yang sudah ludes terjual untuk H-1, H-2, H-3, bahkan sekarang sudah mulai membeli tiket keberangkatan H-7.

"Di luar itu, tiket-nya masih banyak kok, masih tersedia. Contohnya jadwal pemberangkatan H-9, itu masih banyak. Jadi tidak habis tiket. Jumlahnya secara menyeluruh baru 45 persen yang terjual," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Edi menuturkan, dari jumlah 3,3 juta tiket, baru 45 persen atau sebanyak 1,4 juta tiket yang sudah terjual. Artinya masih ada 1,9 juta tiket yang masih bisa dipesan. "Jadi tidak perlu khawatir, tiket masih banyak sekali," jelas dia.

Dia menuturkan, rute-rute favorit yang menjadi tujuan mudik, di antaranya Jakarta ke Cirebon, Solo, Surabaya, Madiun, dan kota lain di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. "Sekarang tiket sudah bisa dipesan H-90, jadi berebut deh untuk waktu-waktu tertentu," jelas Edi.

Ia memprediksi jumlah penumpang kereta api di masa angkutan lebaran H-10 sampai H2+15 mencapai 6.152.586 penumpang. Proyeksi tersebut naik 4,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Kami tidak hanya akan melayani masyarakat sebaik mungkin, tapi juga menyiapkan ketersediaan kursi. Karena di kereta api, one man one seat, tidak boleh ada yang berdiri," ujar Edi.

Kepala Humas KAI, Agus Komarudin menambahkan, tiket kereta mudik Lebaran yang masih tersedia saat ini untuk jadwal keberangkatan H-10 sampai dengan H-7 dengan jurusan dan tanggal tertentu. "Sedangkan untuk arus baliknya, tiket yang masih tersedia dari H+3 hingga H+15," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.