Sukses

Polisi di Negara Lain Ingin Sewa Susi untuk Berantas Maling Ikan

Menteri Susi Pudjiastuti gencar memberantas maling ikan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian menyatakan kekagumannya kepada Menteri Susi Pudjiastuti atas keberaniannya memberantas maling ikan di wilayah perairan Indonesia. Bahkan menurut Tito, kepolisian dari negara lain juga menyimpan kekaguman terhadap wanita asli Pangandaran, Jawa Barat tersebut.

Tito mengungkapkan, ketika menggelar Sidang Umum Interpol ke-85 di Bali, Susi diberikan waktu untuk menyampaikan strategi yang akan dilakukan dalam memberantas praktik penangkapan ikan ilegal. Kala itu, perwakilan interpol dari 164 negara menyaksikan apa yang dipaparkan Susi.

Begitu pemaparan tersebut selesai, lanjut Tito, dirinya mendapatkan permintaan dari kepolisian negara lain yang ingin menyewa Susi untuk memberantas praktik penangkapan ikan ilegal di negaranya.

"Waktu conference interpol di Bali, saya berikan waktu Ibu Susi paparkan tentang langkah mengatasi illegal fishing kita. Kemudian saya didatangi oleh banyak polisi negara lain, mereka bilang boleh nggak kita sewa ibu menterinya, saya ingat sekali terutama dari Afrika Selatan. Mereka bilang kalau menteri kita seperti ini ikan kita akan terjaga," ujar di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Tito mengungkapkan, sejak awal dirinya memang telah menyimpan kekaguman pada Menteri Susi. Menurut dia, apa yang telah dilakukan Susi selama berhasil membawa perubahan yang besar pada sektor perikanan di Indonesia‎.

"Sejak awal saya sudah terkagum-kagum dengan Ibu Susi.‎ Beliau paham betul akan laut kerena orang laut, tahu cara melindungi laut. Strategi utamanya, pukul dulu untuk berikan efek kejut dan itu bekerja dengan baik," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini