Sukses

Hindari 4 Kelalaian Keuangan Saat Punya Bisnis Sampingan

Selain sebagai penyokong perekonomian, bisnis sampingan bisa jadi alternatif kesibukan selain rutinitas kerja utama.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sih yang tidak ingin memiliki bisnis sampingan? Selain sebagai penyokong perekonomian, bisnis sampingan bisa jadi alternatif kesibukan selain rutinitas kerja utama. Tapi, kamu tak hanya mendapatkan janji manis di sini, tapi juga tantangan yang harus ditangani dengan baik.

Salah satunya yaitu, pengelolaan keuangan. Tak jarang, alih-alih menuai profit, bisnis sampingan malah stagnan, bahkan menanggung kerugian. Akhirnya, kamu berhenti di tengah jalan dan terpaksa harus mengucapkan goodbye dengan sumber pemasukan alternatif.

Nah, oleh karena itu, untuk kamu yang memiliki bisnis sampingan, Tunaiku akan menunjukkan 4 kelalaian mengelola keuangan ketika menjalankan bisnis sampingan yang mungkin terjadi.

1. Melalaikan Perencanaan Keuangan

Pengusaha besar pasti memiliki akuntan untuk mengatur pemasukan, pengeluaran serta mencatat laba-rugi dan lain-lain. Bagaimana denganmu? Meski hanya berlabel ‘sampingan’, bukan berarti kamu tidak membutuhkan perencanaan keuangan lho.

Mulailah dengan menentukan nominal yang tepat sebagai modal keseluruhan. Baik dari sisi material produk, alat promosi, atau sarana pemasaran. Kemudian, rancanglah anggaran operasional perusahaan setiap bulannya agar kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk meningkatkannya.

2. Melalaikan Pemisahan Rekening Pribadi dan Bisnis

Mungkin kamu beranggapan bahwa toh, ujung-ujungnya bukankah keuntungan bisnis untuk saya sendiri? Anggapan ini tidak salah, namun sebaiknya tidak dipraktikkan. Apabila kamu menggabungkan keuangan pribadi dengan keperluan bisnis, penggunaannya akan tumpang tindih.

Kamu akan kesulitan memperkirakan anggaran bisnis, bahkan khilaf memakai uang modal untuk membeli sepatu model terbaru yang kemarin baru saja di-sale.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catatan Transaksi



3. Melalaikan Catatan Transaksi

Setelah membeli kain dan benang untuk membuat boneka tangan, apakah kamu membuang nota pembeliannya atau menyimpannya baik-baik di buku kas?

Jangan hanya mengandalkan ingatan untuk setiap transaksi dan anggaran operasional bisnis. Mencatat, membantumu mengawasi arus uang dan menilai perkembangan bisnis yang sedang berjalan.

4. Melalaikan Situasi dan Prospek Bisnis

Niat awal memiliki bisnis sampingan boleh jadi hanya untuk memperoleh uang tambahan. Situasi bisnis pun kerapkali diabaikan, apakah untung atau sebenarnya malah buntung.

Apabila ternyata prospek bisnis ini besar, tidak ada salahnya mempertimbangkan pengembangan lebih jauh. Ke depannya, siapa tahu sampingan bisa jadi sumber pemasukan yang lebih besar mengalahkan pekerjaan utama saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini