Ingin Produktif Bekerja? Simak 3 Tips Ini

Oleh Agustina Melani pada 09 Mar 2017, 08:15 WIB
Diperbarui 09 Mar 2017, 08:15 WIB
Tips Agar Lebih Produktif di Kantor
Perbesar
Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menjadikan waktu kerja Anda lebih produktif.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada praktik singkat yang menjanjikan untuk meningkatkan level produktivitas kerja. Setiap karyawan juga ingin menjadi lebih produktif, sempurna, dan akhirnya mencapai sukses yang diinginkan.

Sayangnya hanya membaca buku manajemen dari penulis favorit Anda untuk mendorong produktivitas tak begitu akan membantu. Untuk benar-benar menjadi individu lebih produktif dan mencapai hal yang paling penting, Anda harus mengurangi gangguan, menanamkan kebiasaan baru dan memiliki banyak disiplin.

Untuk mendongkrak produktivitas kerja tersebut memang membutuhkan waktu. Ada pun keluhan untuk memaksimalkannya malah akan menurunkan produktivitas. Berikut tiga cara untuk memaksimalkan produktivitas, seperti dikutip dari laman Enterpreneurs, Kamis (9/3/2017):

1. Kurangi telepon dan email di pagi hari

Mungkin Anda memiliki kebiasaan mengecek email di pagi hari dan memeriksa media sosial. Untuk mengubah kebiasaan ini membutuhkan waktu. Namun, saat Anda pertama kali mengambil ponsel di pagi hari kemudian cek inbox email dan media sosial, ini juga dapat mengabaikan hal paling penting diri sendiri.

Oleh karena itu, Anda bisa untuk meluangkan sejenak waktu bagi diri sendiri antara lain olahraga, membaca selama 20 menit, meditasi kemudian mulai mengerjakan tugas Anda. Kemudian usai melakukan tugas tersebut, Anda dapat mengecek ponsel.

2. Bekerja sesuai waktu

Cara ini mungkin tampaknya sederhana namun saat ini kita hidup di dunia yang penuh gangguan. Dengan memakai waktu, jadi Anda memaksa diri sendiri untuk mengerjakan proyek apa pun misalkan dalam 20,30, dan 50 menit. Saat itu Anda pun fokus untuk mengerjakannya. Tidak ada telepon, facebook, dan Anda beserta tugas yang harus dikerjakan hingga selesai sesuai waktu yang ditetapkan Anda.

3. Mengoptimalkan waktu istirahat

Mungkin Anda menikmati kerja keras di kantor selama berjam-jam dan tanpa istirahat. Padahal hal itu dapat membuat Anda kelelahan dan hampa keesokan harinya. Memang sebagai pengusaha dan karyawan dibutuhkan kerja keras untuk mencapai kesuksesan.

Meski demikian hal itu tidak harus mengorbankan waktu Anda. Ketika sudah beberapa waktu mengerjakan pekerjaan, coba sejenak istirahat. Anda dapat jalan-jalan di dalam ruangan kantor, bersosialisasi dengan teman-teman, latihan pernafasan, dan peregangan sederhana sebelum kembali bekerja.

Dengan waktu 10-15 menit ini juga dapat membantu melepaskan ketegangan yang Anda rasakan. Anda pun ke depan akan lebih fokus untuk bekerja lagi.

Apa pun cara untuk mengoptimalkan waktu istirahat Anda, sebaiknya mulailah istirahat sejenak usai rutin bekerja keras sehingga dapat kembali segar saat bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya