5 Film Motivasi Ini Bisa Jadi Penyemangat untuk Pengusaha Muda

Oleh Liputan6 pada 04 Mar 2017, 10:00 WIB
Diperbarui 04 Mar 2017, 10:00 WIB
Merry Riana, Mimpi Sejuta Dollar
Perbesar
Film yang diambil dari kisah nyata seorang pebisnis sukses asal Indonesia bernama Merry Riana.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang pengusaha muda tentunya identik dengan semangat perjuangan yang tinggi dan tidak mudah menyerah.

Menjalankan sebuah bisnis memang tidak mudah, selalu ada kendala yang akan menghampiri perjalanan bisnis anda. Dalam membangun semangat berwirausaha, sepertinya para pengusaha muda harus terus disemangati, termasuk oleh beberapa film yang banyak bercerita tentang perjuangan dalam mewujudkan mimpi.

Karena sukses menjadi pengusaha juga dimulai dari mimpi yang kemudian diwujudkan secara bertahap, semangat untuk terus memperjuangkan hal itu juga menjadi inspirasi para pembuat film untuk menggambarkan secara visual bagaimana cara para pengusaha memulai semuanya dari nol hingga berhasil meraih apa yang dicita-citakan.

Berikut ini adalah 5 film motivasi yang dapat menjadi penyemangat untuk para pengusaha muda seperti dikutip dari www.cermati.com, Sabtu (4/3/2017) :

1. Mimpi Sejuta Dollar – Merry Riana

Siapa yang tidak kenal dengan Merry Riana, seorang motivator muda yang terkenal dengan buku Mimpi Sejuta Dollar-nya. Karena banyaknya orang yang antusias dengan cerita sukses Merry, maka cerita ini diangkat ke dalam sebuah Film.

Film ini menceritakan tentang kisah perjuangan Merry Riana yang harus merantau sendiri ke Singapura, di usia yang sangat muda. Di sana ia tidak memiliki rencana apapun, namun akhirnya ia berjumpa dengan temanya di sana.

Kisah perjuangan Merry untuk sukses dan mendapat sejuta dolar Amerika Serikat ternyata tidak mudah. Mulai dari tertipu investasi bodong, saham yang sempat bikin merugi, sampai akhirnya menjadi pegawai asuransi.

Dalam menjalani hidupnya merry hampir ingin menyerah, namun ia selalu berusaha untuk bangkit, hingga akhirnya ia berhasil meraih satu juta dolarnya, dan saat ini Merry memiliki perusahaan asuransi sendiri di Singapura.

2 dari 3 halaman

Jobs

2. Jobs

Film ini menceritakan tentang pendiri perusahaan Apple Inc, yaitu Steve Jobs. Kehidupan Steve Jobs hingga akhirnya ia menemukan Ide untuk merakit komputer sendiri, diceritakan secara gamblang dalam film ini.

Dalam film ini, terlihat Jobs memang tidak bisa menyelesaikan kuliahnya tepat waktu, bahkan ia sering membolos bersama kawanya, hanya untuk merakit komputer.

Akhirnya secara bertahap Jobs berhasil membuat perusahaanya sendiri. setelah perusahaan menjadi besar, ternyata tantangan tidak berhenti begitu saja, mempertahankan perusahaan agar selalu menjadi yang terbaik ternyata sangat sulit. Di sinilah Steve Jobs tetap bertahan hingga sukses menjadikan Apple Inc dan produknya selalu menjadi yang utama.

3. The Bilionare (Takenoi Rumput Laut)

Film selanjutnya adalah The Billionare, kisah perjuangan anak muda, yang berusia 19 Tahun, yang sangat bersikeras ingin menjadi pengusaha. Usianya mungkin memang masih muda, namun ide untuk menjadi pengusaha sepertinya selalu terbayang dalam pikiranya.

Orangtuanya yang memiliki utang dalam jumlah besar, juga menjadi salah satu motivasi untuknya membangun sebuah bisnis.

Awalnya ia berbisnis dalam bidang games, lalu ia mulai menjalankan bisnis kopi. Selalu gagal dalam hal tersebut, tidak membuatnya menyerah begitu saja, hingga akhirnya ia menemukan ide untuk membuat cemilan rumput laut yang enak. Sekolah yang terpaksa tidak bisa dilanjutkan, hingga tidur di mana saja sudah ia jalani. Namun akhirnya perjuanganya tersebut tidak sia-sia.

3 dari 3 halaman

The Pursuit of Happiness

4. Menebus Impian

Film ini juga tidak kalah menariknya dan sangat memotivasi para pengusaha muda untuk tidak gampang menyerah dengan perjuanganya. Kisah seorang gadis yang memiliki mimpi untuk menjadi seorang yang berkecukupan, dan membantu ibunya yang sakit. Ia selalu menuliskan mimpinya dalam buku diari kesayangan dia.

Ia memulai perjuangan usahanya saat bertemu dengan seorang pria yang sukses berbisnis MLM. Namun, setelah dijalani, ternyata apa yang digambarkan dalam usaha MLM tersebut tidak berhasil ia dapatkan. Tertipu teman, harus membayar utang, semuanya menjadi berantakan. Namun, tanpa menyerah ia kembali mencobanya.

5. The Persuit Of Happiness

Film terakhir ini tidak kalah menariknya. Kisah seorang ayah yang berjuang untuk menghidupi ia dan anak laki-lakinya yang telah ditinggal pergi oleh ibunya, yang entah ke mana. Ia mulai bekerja menjadi seorang salesman.

Hidup mereka cukup sulit saat itu, bahkan sang ayah dan anak sampai tidur di dekat toilet. Tanpa menyerah, dengan kemampuan komunikasi yang baik, akhirnya sang ayah bekerja menjadi freelance pialang saham dan mulai menemukan titik cerah dalam hidupnya.

Terus Semangat dan Jangan Pernah Menyerah

Intinya, dalam menjalankan suatu usaha, kita tidak boleh mudah menyerah begitu saja. Keberhasilan yang didapat adalah tergantung seberapa besar kerja keras yang dilakukan. Terus lah semangat dalam meraih mimpi, menjadi seorang pengusaha muda yang sukses.

Lanjutkan Membaca ↓