Sukses

Banjir Order, Pesawat Rancangan Habibie Fokus Penuhi Kebutuhan RI

Komisaris Regio Aviasi Industri Ilham Habibie menuturkan, ada empat maskapai yang menyatakan minat untuk beli pesawat R80.

Liputan6.com, Jakarta - PT Regio Aviasi Industri (RAI) akan segera memproduksi pesawat R80 yang merupakan rancangan Mantan Presiden RI BJ Habibie. Kendati belum dibuat, pesawat ini telah kebanjiran pesanan.

Komisaris RAI Ilham Habibie mengatakan, sebanyak 4 maskapai telah menyatakan minat atau meneken letter of interest (LOI)  pembelian pesawat tersebut. Total pernyataan minat mencapai 155 pesawat.

"Sriwijaya dengan anak usahanya 100, 25 Trigana, 20 Kalstar, 10 Aviastars," kata dia di Grand Hyatt Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Ilham mengatakan, pihaknya akan fokus dahulu menggarap pasar dalam negeri. Dia menuturkan, Indonesia merupakan pasar terbesar untuk pesawat jenis R80.

"Kita mulai dulu Indonesia, karena itu pasar besar, China pun kalah dari Indonesia. Karena ini beda, pesawat baling-baling, jarak pendek," ungkap dia.

Dia menerangkan, protipe untuk pesawat R80 akan dibuat mulai tahun ini. Kemudian, pesawat akan terbang perdana pada 2021. Lalu, pesawat akan produksi massal tahun 2022 untuk memenuhi order tersebut.

Pesawat R80 sendiri telah masuk dalam proyek strategis nasional (PSN). Dia berharap, adanya dukungan pemerintah dalam proyek ini. "Secara resmi bagian daftar proyek strategi nasional, sekarang bagaimana, kita didukung seperti apa," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini