Sukses

Modal Utama Kurangi Kemiskinan, Pemda Diminta Fokus Bangun MCK

Pemenuhan kebutuhan dasar Mandi, Cuci, Kakus (MCK) harus jadi fokus dan alokasi anggaran utama di masing-masing pemerintah daerah.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menganggap Indonesia menjadi salah satu negara yang tertinggal dalam penyediaan layanan dasar terutama Mandi, Cuci, Kakus (MCK).

Padahal, kata dia, seharusnya masalah pemenuhan kebutuhan dasar tersebut menjadi fokus dan alokasi anggaran utama di masing-masing pemerintah daerah (pemda).

"Indonesia termasuk sangat tertinggal dalam pembangunan MCK. Orang kota itu kebutuhan biasa, tetap tidak terjadi di semua desa, di semua rumah di sana, kita perlu membangun itu," jelas dia di di kantornya, Kamis (2/3/2017).

‎Pemenuhan kebutuhan dasar itu, menurut Sri Mulyani menjadi modal utama dalam mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

"Kalau keluarga nggak ada MCK atau air bersih, tidak mungkin anaknya sehat, kalau tidak sehat, tidak mungkin jadi warga yang produktif, kalau tidak produktif itu tidak hanya menjadi beban keluarga, tapi juga negara," tegas dia.

Pada 2017, dana tranfer ke daerah mencapai Rp 764 triliun, atau meningkat jika dibandingkan 2016 yang sebesar Rp ‎623 triliun. Sri Mulyani berharap, anggaran itu bisa dibelanjakan lebih efektif demi pemenuhan kebutuhan dasar di beberapa wilayah Indonesia.

Seiring kenaikan dana transfer daerah tersebut, Sri Mulyani juga meminta manajemen pengelolaan dan perencanaan di daerah untuk terus diperbaiki. Dengan begitu, dana transfer ke daerah bisa kredibel dan efektif dalam mengurangi kemiskinan di daerah. (Yas/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini