Sukses

Sering Salah Saat Mengelola Uang? Coba Cara Ini

Kemampuan setiap orang dalam mengatur keuangan tentu berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta - Uang merupakan topik utama yang sering dibahas, bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik, berinvestasi jangka pendek-jangka panjang, penganggaran, tabungan, semua itu adalah istilah keuangan yang harus dipikirkan.

Kemampuan setiap orang dalam mengatur keuangan tentu berbeda-beda. Mengatur finansial dengan baik dan efektif tentu menjadi hal yang harus diterapkan, namun tidak sedikit juga orang yang masih melakukan keteledoran dalam mengolah pendapatan mereka.

Tak jarang  hal itu membuat seseorang merasa bersalah dan kebingungan bagaimana seharusnya mengatur keuangan dengan baik, padahal sudah berusaha sebaik mungkin agar kondisi finansial tetap stabil.

Melansir laman Forbes, berikut adalah tips bagaimana cara mengatur keuangan Anda agar tetap sehat:

Punya tujuan yang menarik

Mulailah dengan bagian yang menyenangkan. Misalnya menabung, Apa tujuan Anda menabung? Dan adakah yang ingin Anda capai dengan tabungan itu?

Seperti Anda menabung karena ingin pergi berlibur ke luar negeri. Jika punya tujuan, maka itu otomatis akan memotivasi Anda, sehingga Anda akan selalu mencari cara bagaimana agar tujuan itu bisa tercapai.

Pikirkan investasi dalam jangka panjang

Mulailah berpikir untuk memiliki investasi untuk jangka panjang. Jangan hanya berpikir uang yang ada saat ini hanya cukup untuk makan selama sebulan ke depan.

Karena jika itu yang Anda pikirkan, maka Anda tidak akan pernah punya simpanan uang. Dengan memikirkan investasi sebagai strategi jangka panjang, maka Anda pun bisa menjamin hidup yang lebih baik dan nyaman di masa depan.

Jangan terlalu sering belanja

Tidak salah untuk bersenang-senang jika memiliki uang, tapi lakukan hanya sesekali, karena jika keseringan maka itu adalah pemborosan. Anda harus bisa membatasi dan mengatakan tidak pada diri sendiri jika belanja Anda sudah kelewat batas.

Terkadang keinginan membeli barang-barang seperti sepatu, tas, baju hanya karena ingin selalu mengikuti tren dan perkembangan, padahal Anda juga tidak terlalu butuh barang-barang itu, atau sekedar nongkrong di kafe dan makan di restoran agar dibilang gaul.

Mulailah berpikir bahwa Anda hidup bukan untuk hari ini saja, masih ada hari esok. Jangan gampang terpengaruh, belanja dan hiduplah sesuai dengan kebutuhan bukan hidup karena mengikuti tren.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

penghargaan



Beri penghargaan pada diri sendiri

Sangat penting untuk mengingat apa tujuan Anda hidup dan apa yang diinginkan. Misalnya anda punya tujuan menabung untuk melunasi kartu kredit atau ingin berlibur, maka jika tabungan yang Anda miliki sudah cukup untuk Anda bisa pergi, maka pergilah liburan.

Hal itu untuk menghargai apa yang sudah Anda lakukan selama ini. Jangan lupa untuk tetap menghargai diri Anda. Cara ini dapat memotivasi dan setelahnya Anda akan bersemangat lagi dan memulai punya tujuan yang lebih menarik lagi.

Jadikan kebiasaan menabung seperti beban

Sebaiknya miliki dua rekening tabungan terpisah. Satu untuk kebutuhan sehari-hari dan satunya untuk tujuan investasi yang uangnya susah untuk diambil.

Hal Ini tentang bagaimana  agar Anda bisa memprioritaskan membayar diri sendiri untuk satu tabungan dan tabungan lainnya untuk jaminan Anda di masa depan, karenanya jadikan tabungan sebagai beban.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini