Sukses

Pemerintah Kebut Proyek Tol Bawen-Yogyakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bakal membangun tol baru dari Bawen-Magelang-Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bakal membangun tol baru dari Bawen-Magelang-Yogyakarta. Saat ini, desain ruas tol tersebut sedang dipersiapkan dan studi kelayakan (feasibility study) akan segera dilakukan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat ‎Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol Bawen-Yogyakarta terbagi dua ruas, yaitu Yogyakarta-Magelang, Magelang-Bawen. Saat ini, ruas Yogyakarta-Bawen sedang disiapkan desainya.

"Bawen-Magelang-Yogya‎. Kalau Yogya-Magelang sedang disiapkan desainnya," kata Basuki, di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (22/2/2017).

‎Basuki melanjutkan, untuk ruas tol Bawen-Magelang saat ini sedang dilakukan persiapan feasibility study. Ruas tol tersebut‎ memiliki kontur tanah seperti Purbaleunyi.

"Bawen-Magelang sedang persiapan studi. Karena ini sama dengan Purbaleunyi topografi," tutur Basuki.

Menurut Basuki, pembangunan ruas tol Yogyakarta-Magelang digabung dengan pembangunan Bandara Kulonprogo dan pengembangan Candi Borobudur, namun dia belum bisa menyebutkan besaran dana yang dibutuhkan untuk membangun tol tersebut.

"Kalau Magelang-Yogya kita gabungkan dengan Bandara Kulonprogo dan pengembangan borobudur.

Basuki mengungkapkan, pembangunan jalan tol tersebut untuk memecah kepadatan lalu lintas Yogyakarta ke arah Semarang. ‎ ‎"Kalau kita lihat dulu saya sekolah Yogya - Semarang 2 sampai 3 jam, sekarang 6 jam, kita semakin lama tidak semakin cepat tapi lambat," tutup Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini