Sukses

Ini Dia 4 Manfaat Penting Mencatat Pengeluaran

Apakah Anda tahu berapa pengeluaran Anda dalam sebulan? Berapa uang yang terpakai setiap bulannya?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda tahu berapa pengeluaran Anda dalam sebulan? Berapa uang yang terpakai setiap bulannya? Jika Anda sendiri tidak tahu, maka Anda harus segera mencatat pengeluaran Anda mulai sekarang.

Banyak orang mengira hal ini tidak penting, padahal mencatat setiap pengeluaran dampat membuat kita tahu kemana uang kita mengalir. Berikut ini manfaat yang kamu dapatkan dengan membuat catatan pengeluaran:

1. Lebih bijak dalam berbelanja

Mengetahui setiap dana masuk dan keluar beserta tujuannya akan membuat kita mengetahui jumlah harta yang kita miliki. Otomatis, kita jadi berpikir panjang sebelum berbelanja.

2. Lebih mudah menjalankan perencanaan finansial

Apapun tujuan finansial Anda, pasti akan lebih mudah untuk mewujudkannya karena Anda mengetahui berapa uang yang dapat dialokasikan kedalam perencanaan finansial Anda. Sehingga Anda sudah menyiapkan segalanya dengan matang.  (Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda di Sini)

3. Bisa mengetahui dan mengontrol kebiasaan belanja

Terkadang dalam masalah berbelanja tanpa disadari Anda bisa menghabiskan uang Anda untuk hal–hal tidak dibutuhkan. Dengan membuat catatan pengeluaran, kita bisa menganalisis kebiasaan belanja dan menentukan pos pengeluaran apa saja yang masih bisa ditingkatkan efisiensinya.

4. Terhindar dari stres karena masalah finansial

Karena Anda sudah mengetahui dan mengantisipasi jika ada sesuatu yang mengganggu keuangan Anda di kemudian hari Anda terhindar dari stres.

Mengetahui setiap pos pengeluaran akan membuat kita lebih siap dan terencana dalam menghadapi kebutuhan tak terduga. Jadi stres dan kecemasan karena masalah finansial bisa dihindari.

Demikian manfaat membuat catatan pengeluaran yang mungkin tidak pernah Anda tahu. Sekarang mulailah mencatat pengeluaran Anda!

Mau baca tips bisnis dan karier lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini