9 Benda Murah yang Wajib Dibawa Saat Jalan-jalan

Oleh Nurseffi Dwi Wahyuni pada 11 Feb 2017, 06:00 WIB
Diperbarui 11 Feb 2017, 06:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini traveling atau jalan-jalan semakin menjadi tren. Jika dulu jalan-jalan ke luar negeri dianggap sesuatu yang mahal, kini negara-negara mahal di Eropa atau yang mahal seperti Jepang bisa dinikmati dengan budget terbatas. Tak heran buku-buku panduan dan pengalaman traveling laris manis di pasaran.

Kunci dari traveling murah adalah rajin mencari tahu untuk mendapatkan harga terbaik. Tapi ketika budget sudah dibuat, ada-ada saja hal yang bisa membuat budget lebih mahal di luar perkiraan. Ya, budget traveling murahmu bisa jadi mahal ketika Anda harus membeli barang-barang di perjalanan. 

Di antaranya ketika Anda tidak membawa barang-barang berikut ini seperti dikutip dari CekAja.com:

Kartu memori

Di zaman serba media sosial seperti sekarang, bukti sahih telah menjejaki tempat baru dibuktikan lewat foto. Artinya, ponsel berkamera, kamera saku, mirrorless, go pro, atau DSLR jadi kewajiban. Kepenuhan memori bisa mengacaukan liburan Anda.

Apalagi ketika Anda liburan di negara mahal atau kota terpencil di mana sulit mencari toko yang menjual kartu memori. Daripada menyesal dan harus mengeluarkan uang lebih mahal, siapkan memori cadangan sebelum berangkat.

Universal adapter

Ketika akan berlibur ke luar negeri, Anda harus mencari tahu bentukan colokan yang berlaku di negara tujuan. Bayangkan kalau begitu sampai ternyata bentuk colokan yang dibawa berbeda.

Anda jadi tiba bisa mengisi baterai ponsel, kamera, laptop, dan power bank. Memangnya siap mati gaya? Kalau membawa banyak gadget, jangan lupa juga untuk membawa terminal.

Timbangan koper

Kelebihan muatan bagasi adalah mimpi buruk bagi budget traveler. Bagaimana tidak, maskapai acapkali memberlakukan harga cukup mahal untuk per kilogram kelebihan bagasi.

Beda maskapai, beda pula ketentuan harga kelebihan bagasi. Garuda Indonesia misalnya memberlakukan 1,5 persen per kilogram kelebihan bagasi untuk semua rute domestik. Misalnya harga tiket rute Jakarta-Medan seminggu sebelum lebaran Rp 2,4 juta, sedangkan bagasi Anda lebih 10 kilogram (kg). Jumlah yang harus Anda bayarkan adalah (Rp 2,4 juta x 1,5 persen x 5 = Rp 360.000).

Sedangkan untuk semua rute domestik, AirAsia memberlakukan Rp 117.000 untuk setiap kilogram kelebihan bagasi. Jadi kalau naik AirAsia dan bagasi Anda lebih 10 kg, Anda harus membayar Rp 1.117.0000!

2 dari 2 halaman

Gembok koper



Gembok koper

Risiko kehilangan barang akan selalu ada. Baik itu kehilangan barang berharga di koper di bandara, atau di penginapan terutama Anda yang menginap di hostel. Sebagai pencegahan, memilih gembok koper adalah kewajiban. (Baca juga: 7 Cara Hindari Kartu Kredit Dibajak Saat Traveling)

Botol minum

Di beberapa negara, harga sebotol air putih lebih mahal daripada soda. Meski demikian, di negara maju air keran umumnya dapat langsung di minum. Pengeluaran untuk membeli botol air mineral bisa ditekan kalau Anda bawa botol minum sendiri dari rumah.
Selamat traveling!

Lanjutkan Membaca ↓