Sukses

Mau Swasembada, RI Bisa Ekspansi Lahan Pertanian ke Negara ASEAN

Banyak cara dilakukan pemerintah untuk mencapai swasembada pangan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara dilakukan pemerintah untuk mencapai swasembada pangan. Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri mengusulkan cara agar Indonesia bisa mencapai hal itu.

Menurut Chatib, pemerintah Indonesia saat ini harus kreatif. Tidak semua bahan pangan yang masih diimpor harus ditanam di dalam negeri.

"Kenapa kita tidak investasi sawah atau lahan pertanian di Kamboja atau Myanmar atau negara lain. Jadi kita harus menjadikan kawasan ASEAN ini seperti zona kita," kata Chatib dalam Mandiri Investment Forum di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Begitu juga dengan sapi. Saat ini Indonesia masih belum maksimal dalam membudidayakan sapi. Menurut Chatib tak ada salahnya BUMN atau perusahaan swasta asal Indonesia membeli lahan di negara produsen sapi. "Impor memang impor, tetapi kita kan impor dari perusahaan sendiri‎, jadi ini lebih efisien," tegas dia.

Chatib mengatakan, hal itu sudah dilakukan Malaysia. Perusahaan-perusahaan Malaysia banyak membeli lahan di Indonesia, khususnya di Sumatera untuk perkebunan sawit. Meski tak punya lahan di negeri sendiri, Malaysia menjadi produsen sawit terbesar di dunia.

Chatib menambahkan, hal positif yang terjadi saat ini adalah kawasan ASEAN sudah menerapkan free trade zone. Dengan demikian perdagangan antar negara sudah semakin mudah.

"Kalau bisa seperti ini, kita bisa jadikan ASEAN itu kawasan kita sendiri, jadi mengapa tidak kita harus berpikir out of the box seperti itu, kalau kenyataannya lkebih efektif dan efisien," tutup dia. (Yas)‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.