Sukses

Strategi Bikin Tabungan untuk Jalan-Jalan

Ingin jalan-jalan tetapi gaji pas-pasan. Memang sebaiknya harus cermat untuk atur pengeluaran.

Liputan6.com, Jakarta - Uang memang sering menjadi kendala utama bagi yang bergaji pas-pasan namun ingin jalan-jalan. Kamu harus pintar-pintar mengelola pengeluaran supaya kecukupan bulanan terpenuhi tapi sambil tetap bisa jalan-jalan.

Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan jika bisa disiplin terhadap diri sendiri. Karena dengan cara itu kamu pasti dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Cara paling pasti untuk membuat impian menjadi kenyataan adalah dengan menyisihkan uang yang ditujukan untuk niat berlibur.

Melansir laman bendbulletin, berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mulai menabung demi liburan:

1. Menabung di celengan

Niatkan dari awal menabung sekian rupiah setiap hari demi tujuan liburan. Coba dengan cara lama seperti meletakkan celengan di dekat tempat tidurmu kemudian tulis tujuannya di kertas dan tempelkan di celengan tersebut yang bisa kamu baca setiap saat.

Jadi setiap akan tidur kamu teringat untuk menaruh uang di celengan, buat periode waktu misalnya sehari menabung Rp 10 ribu selama 3 bulan, dan lihatlah hasilnya, kamu mungkin akan terkejut betapa cepatnya uang bisa terkumpul saat kamu disiplin menabung.

2. Mengumpulkan recehan

Cara unik lainnya untuk menambah pundi-pundi tabungan adalah dengan mengumpulkan uang recehan. Selama ini uang recehan dianggap hanyalah uang kecil dan mungkin kurang bernilai. Namun jika dikumpulkan bukan tidak mungkin yang tadinya hanya recehan bisa menjadi uang besar.

Caranya siapkan kotak atau kaleng untuk menaruh setiap uang recehan yang kamu dapat. Simpan di dalam laci atau lemari. Jika sudah penuh, kamu bisa menukarnya dengan uang kertas, simpan dan jangan gunakan uang tersebut hingga terkumpul cukup banyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Tentukan Tujuan Liburan

3. Buka rekening tabungan baru khusus liburan

Ketika celengan dan uang recehan kamu sudah terkumpul selama periode waktu tertentu, sebaiknya pertimbangkan untuk membuka akun rekening tabungan baru di bank. Niatkan tabungan ini hanya ditujukan untuk liburan, jadi setiap uang terkumpul kamu pun bisa memasukkannya ke tabungan ini.

4. Mulai tentukan tujuan liburan

Sebelum pergi berlibur, pastinya kamu harus menentukan kemana tujuannya. Untuk memastikan tempat yang kamu ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi kamu tentang liburan atau tidak. Mulailah lakukan survei, bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel. Pastikan dan cari yang sesuai dengan anggaran yang
​di​siapkan.

5. Cari promo dan paket wisata liburan

Jika semua sudah kamu lakukan dan merasa uang tabungan sudah cukup untuk tujuan libur​an​, hitunglah kisaran uang yang kamu butuhkan untuk berlibur ke tempat yang ​di​tuju, sebaiknya cari tahu jika ada promosi atau diskon.

Bandingkan juga beberapa tawaran paket wisata, pastikan kamu bisa mendapatkan harga spesial yang lebih murah atau kamu bisa mendapatkan penawaran-penawaran menarik lainnya selama kamu berlibur.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.