Sukses

5 ​Tips Cerdas Saat Menyewakan Properti

Menyewakan properti baik rumah atau apartemen merupakan investasi yang diminati banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta -- Apakah Anda berencana untuk menyewakan properti untuk pertama kalinya? Menyewakan properti baik rumah atau apartemen merupakan investasi yang diminati banyak orang karena biasanya keuntungan yang didapat lebih besar dari bunga deposito.

Namun, menyewakan properti bukanlah hal mudah. Di sisi lain, membuat penyewa betah pun diperlukan beberapa perlakuan khusus.

Melansir laman Rpmcentralvalley, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ingin menyewakan properti Anda kepada penyewa baru:

1. Mengasuransikan rumah

Polis asuransi ini penting karena pihak asuransi akan melindungi Anda dari kerugian, kerusakan dan kecelakaan atau cedera yang terjadi pada properti Anda saat itu disewakan ke orang lain.

2. Periksa kelayakan properti

Sebelum mengiklankan properti yang akan disewa, ada baiknya periksa secara keseluruhan bagunan dan kelengkapan alat di rumah maupun apartemen Anda.

Pastikan bahwa segala sesuatu yang disewakan dapat berfungsi dengan baik termasuk listrik, AC, air, alarm, atau peralatan jika ada seperti mesin cuci, perabot dan lain-lain. Hal ini akan menjadi nilai tambah tersendiri.

3. Bersihkan semua lantai, karpet dan taman

Setiap penyewa pasti tidak menginginkan rumah atau apartemen yang akan mereka sewa tampak kotor, karenanya buat tampilan rumah Anda serapi dan sebersih mungkin sebelum penyewa datang untuk melihat kondisi properti Anda yang akan mereka sewa.

4. Perhatikan cahaya dan penerang ruangan

Sebelum calon penyewa datang, alangkah baiknya bersihkan semua jendela, ganti bola lampu yang sudah redup dan biarkan tirai dibuka agar ruangan tampak terang. Tidak perlu ragu melakukan hal ini karena lebih banyak cahaya akan membuat ruangan yang Anda sewa terasa terang, luas dan lebih ceria.

5. Cat baru

Terakhir dari semua, tapi yang paling penting, Anda juga harus meluangkan waktu untuk melakukan pengecatan properti sewa Anda (dalam dan luar ruangan) karena lapisan cat bisa membuat ruang yang​ sudah​ tua terasa lebih segar dan seperti baru lagi.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.