Sukses

Strategi Pedagang supaya Pelanggan Cabai Rawit Tak Lari

Harga cabai rawit merah telah menembus Rp 140 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai rawit merah telah menembus harga Rp 140 ribu per kilogram (kg). Kini, pedagang memutar otak supaya dagangannya tetap dibeli konsumen.

Salah satu pedagang di Pasar Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Hadi Sukarto (48), mengatakan, tingginya harga cabai membuat para pelanggan mengeluh. Namun, pedagang tak kehabisan akal supaya dagangannya ludes terjual.

Dia mengatakan, strategi yang diambil ialah memasok cabai rawit merah dengan tidak berlebih. Ini dilakukan sebagai antisipasi tidak rugi saat harga cabai rawit turun. Harga cabai rawit saat dipasok dari Pasar Induk Kramatjati telah mencapai Rp 120 ribu per kg.

"Pada protes (harga cabai rawit tinggi), habis gimana lagi. Tidak nyetok dulu. Ini hari, pakai hari ini," ujar dia kepada Liputan6.com, di Pasar Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Senin (30/1/2017).

Dia menuturkan, strategi yang biasanya diambil pedagang ialah mengoplosnya dengan cabai rawit putih. Dia mengatakan, harga cabai rawit putih hanya sekitar Rp 50 ribu per kg saat dipasok.

Dia menuturkan jika cabai oplosan dijual dengan harga Rp 125 ribu, pedagang bisa meraih untung dari penjualan cabai rawit.

"Biasa Rp 125 ribu modal cabai rawit merah, dioplos putih bisa Rp 125 ribu per kg. Keuntungan kita ambil dari putih," kata dia.

Namun, dia mengaku, masih ada konsumen yang tetap mengonsumsi cabai rawit murni merah. Akan tetapi porsi pembeliannya dikurangi saat harga mahal. "Paling mengurangi separuhnya," ujar dia.

Saat ini, harga cabai rawit merah lebih tinggi dari harga daging sapi segar. Paiman (54) pedagang daging sapi mengatakan, harga daging sapi masih Rp 120 ribu per kg. Dia menuturkan, harga ini tak berubah sejak Lebaran tahun lalu.

"Dari Lebaran kemarin sudah Rp 120 ribu per kg," ujar dia.

Dia mengatakan, adanya daging impor seperti daging kerbau India tak berpengaruh pada penurunan harga daging sapi segar. Dia menuturkan, daging impor hanya pilihan konsumsi masyarakat.

"Kerbau ada enggak juga (pengaruh), dari Lebaran sampai sekarang Rp 120 ribu per kg," tutur dia.

Berikut pantauan harga Liputan6.com:

Cabai rawit merah Rp 140 ribu per kg
Cabai keriting merah Rp 60 ribu per kg
Cabai rawit hijau Rp 80 ribu per kg
Bawang merah Rp 34 ribu per kg
Bawang putih Rp 40 ribu per kg
Tomat Rp 10 ribu per kg
Kentang Rp 16 ribu per kg
Timun Rp 8 ribu per kg
Kol Rp 12 ribu per kg
Sawi Rp 8 ribu per kg
Seledri Rp 24 ribu per kg


Harga daging sapi

Sirloin Rp 120 ribu per kg
Tenderloin Rp 130 ribu per kg
Ati Rp 50 ribu per kg
Jantung Rp 50 ribu per kg
Paru Rp 50 ribu per kg
Ekor Rp 100 ribu per kg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.