Sukses

BUMN Kompak Bantu Infrastruktur hingga Pendidikan di Lombok

‎Ratusan BUMN berkumpul di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Liputan6.com, Lombok - ‎Ratusan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkumpul di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Acara ini untuk memperingati hari ulang tahun sejumlah BUMN. Salah satu rangkaian acara adalah penyerahan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR).

Menteri BUMN Rini Soemarno hadir dalam program BUMN Hadir untuk Negeri yang rutin digelar ini. Rini mengatakan, sinergi BUMN ini dilakukan untuk mendukung program percepatan pengembangan pariwisata ekonomi, pendidikan, juga infrastruktur pariwisata di Mandalika.  

"Melalui program ini, kami mengupayakan kesiapan infrastruktur Mandalika dapat terealisasikan dengan baik melalui‎ partisipasi aktif sinergi BUMN," tutur Rini di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (28/1/2017).

Total bantuan yang diserahkan BUMN adalah Rp 11,27 miliar. Sebanyak Rp 9,5 miliar diserahkan untuk pengembangan kawasan pariwisata ekonomi, infrastruktur di Mandalika dan Ende. Sedangkan sisanya bantuan diberikan untuk Desa Sembalun Bumbung yang lebih terfokus untuk sektor pendidikan‎.

Pemberian bantuan CSR dilakukan dua kali. Pertama serentak dilakukan di kawasan wisata Kuta Mandalika berbarengan dengan diresmikannya icon Kuta Mandalika. Sedangkan yang kedua dilakukan di SDN 03 Sembalun Bumbung, Lombok bersamaan dengan peletakan batu pertama ruang kelas oleh Rini Soemarno.

Beberapa BUMN yang memberikan bantuan di antaranya seperti PT Bank Rakyat Indonesia yang memberikan bantuan sebesar Rp 1,4 miliar untuk CSR di bidang lingkungan, pendidikan, pemberdayaan SDM, dan sosial Budaya.

Kemudian PT Garuda Indonesia yang memberikan bantuan ratusan juta yang ditujukan untuk pelatihan 5 orang ticketing dan ground handling sebesar Rp 200 juta, kemudian pelestarian lingkungan melalui pelepasan anak penyu sebesar Rp 80 juta.

Sejumlah BUMN lain juga memberikan bantuan seperti PT Wijaya Karya berupa fasilitas pengolahan air, PT Bank Tabungan Negara, PT Askrindo, PT Pertamina, ITDC, PT Waskita Karya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.