Intip 4 Cara Modern untuk Atur Keuangan Pribadi

Oleh Nurseffi Dwi Wahyuni pada 21 Jan 2017, 12:00 WIB
Diperbarui 21 Jan 2017, 12:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman yang sudah canggih ini, segala aktivitas dapat diakses dengan lebih mudah. Mulai dari menyimpan data atau file penting melalui penyimpanan online dengan kapasitas besar, hingga bermunculanya berbagai aplikasi yang memudahkan setiap bidang pekerjaan.

Salah satu manfaat teknologi yang berhubungan dengan keuangan, yang juga bisa kita manfaatkan adalah aplikasi keuangan pada smartphone.

Jika dulu kita harus mencatat semua transaksi yang terjadi dalam masalah akuntansi dengan tulisan tangan, kini kita hanya tinggal mengetikan transaksi tersebut lewat komputer, karena aplikasi akuntansi sudah tersedia untuk lebih memudahkan membuat jurnal.

Tidak hanya itu, untuk mengatur keuangan pribadi saja, sudah tersedia aplikasinya. Anda hanya tinggal men-download saja lewat Playstore jika Anda pengguna Android, atau lewat Apple store jika Anda pengguna iOS.

Bagi Anda yang mulai tertarik untuk memanfaatkan beberapa aplikasi keuangan tersebut, berikut ini ada cara modern untuk mengatur keuangan pribadi seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Mengatur Budget dengan Aplikasi Smartphone

Aplikasi pada smartphone, sebenarnya menerapkan prinsip yang sama dengan cara tradisional dalam hal mengatur keuangan. Jika dulu kala, kakek nenek kita menyimpan banyak uangnya dengan amplop, maka secara digital, aplikasi ini juga membuat amplop secara otomatis.

Anda bisa menggunakan aplikasi Goodbudget atau YNAB (You Need A Budget). Aplikasi ini akan memberi saran kepada Anda untuk mengalokasikan dana untuk tiap kebutuhan berdasarkan data pengeluaran yang ada.

2. Melacak Pengeluaran dengan Aplikasi Smartphone

Pengeluaran Anda yang tentunya sangat banyak di setiap bulanya, kini bisa dilacak oleh smartphone. Anda bisa mencoba beberapa aplikasi seperti Mint, Expense Tracker dan Power Wallet.

Aplikasi semacam ini akan membantu melacak pengeluaran yang membengkak dan menganalisis apakah pola konsumsi anda perlu diperbaiki atau tidak.

Rencana jangka panjang

3. Membuat Rencana Keuangan Jangka Panjang

Tujuan dari dibuatnya rencana keuangan jangka panjang adalah untuk masa depan Anda sendiri nantinya. Untuk menuju masa depan, tentu anda memiliki rencana untuk sesuatu hal yang penting dan sangati diinginkan.

Kini, kita tidak usah lagi repot untuk membuat perencanaan uang dengan menulis setiap kategorinya. Sudah tersedia beberapa tools khusus yang akan memperhitungkan seluruh variable tersebut. Tools semacam ini juga sangat lengkap dan mudah dimengerti.

4. Investasikan Aset

Umumnya, orang akan suka melakukan investasi yang sudah cukup umum dan terbukti hasilnya, contohnya seperti tabungan dan deposito. Metode investasi ini dipercaya dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi nasabahnya.

Gunakan Aplikasi Untuk Mempermudah Manajemen Keuangan Anda

Dengan adanya aplikasi yang canggih ini, kita tidak perlu lagi merasa ribet untuk membuat budgeting keuangan pribadi kita setiap hari bahkan setiap bulanya.

Pastikan Anda rajin untuk melakukan upgrade dari setiap aplikasi ini untuk mendapatkan fitur terbaru yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur keuangan pribadi secara maksimal.

Lanjutkan Membaca ↓