Sukses

PM Jepang Abe: Ada Peran RI dalam Pencapaian Jepang

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengharapkan hubungan kerja sama Indonesia-Jepang dapat meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan, ada peran Indonesia dalam pencapaian kesuksesan Jepang. Hal tersebut membuat Jepang ingin menjalin kerja sama dengan Indonesia.

‎Abe mengatakan, Jepang sangat tertarik menjalin kerja sama dengan Indonesia. Lantaran harapan Jepang sangat tinggi terhadap Indonesia, karena banyak potensi yang bisa digarap bersama. Potensi itu antara lain ekspor sumber daya alam, transfer teknologi, dan invesetasi Jepang di Indonesia.

"Orang Jepang kalau dengar kerja sama ekonomi yang terbayang adalah kerja sama dengan Indonesia. Mulai dari menjual sumber daya alam sampai dengan transfer teknologi, serta investasi," kata Abe, dalam diskusi bisnis Indonesia-Jepang,di Hotel Fairmont, Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Abe menuturkan, kerja sama Indonesia-Jepang sudah terjalin jauh sebelumnya, bahkan ada peran Indonesia atas pencapaian Jepang saat ini. Karena Indonesia memiliki potensi yang bisa dikerjasamakan dengan Indonesia.

"Di mana sudah terjalin lama dan begitu erat. Bagi Jepang tidak ada pencapaian saat ini tanpa adanya peran Indonesia," ungkap Abe.

Abe menyebutkan potensi yang dimiliki Indonesia antara lain sumber daya yang melimpah terutama sumber daya manusia yang masih dalam usia produktif, sumber energi dan kekayaan lainnya. Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga stabil.

"Indonesia juga jadi pemimpin ASEAN, pusat pertumbuhan ekonomi dunia dan juga anggota G20," lanjut Abe.

Abe mengungkapkan, Indonesia pun mendapat manfaat atas kerja sama yang dijalin, antara lain membuka lapangan kerja, transfer teknologi dan pengetahuan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.

Oleh karena itu, dia berharap hubungan kerja sama kedua negara dapat ditingkatkan, dan investasi Jepang di Indonesia dapat disambut dengan baik oleh masyarakat.

"Saya juga berharap Jepang bisa melakukan investasi-investasi yang diterima dan disambut baik masyarakat Indonesia sehingga bisa meningkatkan kesejahtraan Indonesia," tutur Abe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Shinzo Abe adalah Perdana Menteri Negara Sakura, Jepang, pada periode 2006-2007 dan terpilih kembali di tahun 2012.
    Shinzo Abe adalah Perdana Menteri Negara Sakura, Jepang, pada periode 2006-2007 dan terpilih kembali di tahun 2012.

    Shinzo Abe

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia