Sukses

KAI Tambah Rute Baru di 2017, Cek Daftarnya

Dalam GAPEKA 2017, selain penambahan kereta api juga terdapat pengurangan frekuensi dan penghapusan rute kereta api.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus meningkatkan pelayanannya setiap tahun. Di 2017 ini, KAI berencana untuk mengoperasikan perjalanan kereta api dengan rute baru.

Dikutip Liputan6.com dari Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2017, Sabtu (7/1/2017), setidaknya ada 4 perjalanan kereta baru pada tahun ini.‎

Rute baru tersebut adalah :

1. KA Ranggajati relasi Cirebon – Surabaya Gubeng – Jember (Eksekutif & Bisnis)
2. KA Ambarawa Ekspress relasi Surabaya Turi – Semarang Poncol (Ekonomi AC)
3. KA Bandara Internasional Minangkabau
4. KA Commuter Bandara Soekarno – Hatta.

Dalam GAPEKA 2017 itu, selain penambahan kereta api, juga terdapat pengurangan frekuensi dan penghapusan kereta api. Rute yang mengalami pengurangan frekuensi adalah KA Menoreh relasi Semarang Tawang – Pasar Senen (Ekonomi AC), KA Blora Jaya relasi Bojonegoro – Semarang Poncol (Lokal) dan KA Ciremai relasi Cirebon – Cikampek – Bandung (Eksekutif Bisnis).

Sedangkan KA Tegal Arum relasi Tegal – Pasar Senen (Ekonomi Jarak Menengah), KA Sarangan relasi Surabaya Gubeng – Madiun (Bisnis), KA Cepu Express relasi Surabaya Turi – Cepu – Semarang Poncol (Lokal), KA Arjuna relasi Surabaya Kota – Madiun dan KA Madiun Jaya relasi Madiun - Yogyakarta merupakan KA yang dihapuskan.

Dalam GAPEKA 2017 itu disebutkan, KA Sarangan dihapuskan karena memiliki okupansi yang rendah dan untuk relasi tersebut akan terlayani oleh KA Mutiara Selatan yang mengalami perpanjangan relasi sampai dengan Malang.

Sementara untuk KA Cepu Ekspress, Kereta api Arjuna dan KA Madiun Jaya dihapuskan karena ketidaktersediaan sarana (KRD). Untuk KA Cepu Ekspress dapat terlayani oleh KA Tawang Jaya rangkaian panjang. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini