Sukses

Resolusi 2017: 6 Tips Jitu Bikin Saldo Tabungan Makin Gemuk

Untuk membuat jumlah tabungan bertambah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan tidak ​hanya lebih dari sekedar berhemat.

Liputan6.com, Jakarta - Gaji yang masuk ke rekening Anda cepat habis sebelum akhir bulan sehingga tak ada uang yang tersisa di tabungan? Jangan sampai hal ini terus terjadi.

Untuk membuat jumlah tabungan bertambah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan tidak ​hanya lebih dari sekedar berhemat.

Melansir laman Leicestermercury, berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan jumlah tabungan Anda:

1. Buatlah anggaran

Kunci terbesar untuk menambah jumlah tabungan adalah dengan rutin membuat anggaran. Dengan mengetahui semua pemasukan dan pengeluaran uang setiap bulannya, merupakan kunci untuk mengontrol  kas Anda.

2. Buatlah daftar

Buatlah setiap daftar pengeluaran yang penting, seperti laporan di rekening bank, termasuk tagihan-tagihan yang harus dibayarkan.

Berikutnya tuliskan semua pengeluaran rutin tersebut (seperti iuran keanggotaan gym, tabungan atau tv kabel langganan). Pilih yang menjadi prioritas dan singkirkan pengeluaran yang tidak penting atau tidak pernah digunakan.

3. Bandingkan uang pendapatan dan pengeluaran

Bandingkanlah setiap uang pengeluaran dan pendapatan, jika Anda menghabiskan lebih banyak di pengeluaran, maka hal ini akan menjadi masalah besar​. Karenanya hal terbaik adalah segera ubah kebiasaan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Periksa tagihan

4. Periksa tagihan Anda

Beri penghargaan untuk ​diri sendiri seperti kenaikan gaji: Anda tidak harus bergantung pada atasan Anda untuk memberikan uang ekstra.

Anda dapat membuat kaya diri sendiri dengan beberapa trik pintar - dan Anda dapat melakukannya dalam waktu kurang dari satu jam.

Periksa semua yang Anda miliki di daftar ini untuk melihat apakah Anda dapat beralih ke kesepakatan yang lebih baik untuk mengatur pembiayaan rutin:

a. Gas dan listrik

Mulai lakukan penghematan penggunaan misalnya mematikan listrik jika tidak digunakan, hal-hal seperti membiarkan charger atau magic jar menyala meski watt kecil, tapi jika keseringan akan boros. Atau mengecilkan api jika hanya memanaskan makanan, pastinya cara ini membuat penghematan.

b. Tabungan

Anda perlu memastikan untuk setidaknya menabung paling sedikit 2 persen setiap bulannya dari pendapatan, dan komitmenlah untuk tidak menggunakan uang itu dalam kondisi apapun.

c. Kartu kredit

Jangan terlalu sering menggunakan kartu kredit, karena cicilan bunganya perbulan yang harus dibayar membuat pemborosan dalam hal pengeluaran. Karenanya usahakan menggunakan uang tunai saat berbelanja agar beban utang Anda tidak bertambah.

d. Asuransi jiwa

Asurasnsi Jiwa bukan sesuatu yang sering diprioritaskan banyak orang, segeralah pilih asuransi yang disubsidi oleh negara jika ada, seperti BPJS kesehatan.

3 dari 3 halaman

Tv berbayar


e. Layanan TV atau internet berbayar

Periksa layanan TV berbayar Anda, saluran apa yang sering Anda tonton dan lihat perbandingan beberapa layanan yang sama. Jika ada yang lebih murah sebaiknya berhenti berlangganan yang lama dan beralih ke layanan yang lebih murah.

Jika masih ingin menggunakan layanan berbayar yang sama, tidak ada salahnya melakukan tawar menawar dan beritahu bahwa Anda berencana berhenti langganan, siapa tahu justru Anda bisa mendapat harga yang lebih murah dari perusahaan yang lama.

f. Air

Hemat penggunaan air dan beritahu anggota keluarga untuk mematikan air saat tidak digunakan, cek rutin bila menggunakan meteran air agar tidak terjadi kesalahan pembayaran.

g. Bandingkan tempat belanja

Jika rutin berbelanja bulanan di supermarket, bandingkanlah setiap toko yang Anda tahu, carilah harga yang penjualannya lebih murah, hal ini tentu membantu mengurangi biaya belanja bulanan.

h. Asuransi

Jika memiliki asuransi dan Anda sudah terjebak dengan perusahaan yang sama selama bertahun-tahun, ada kemungkinan pihak asuransi secara harfiah meminta Anda untuk menaikkan jumlah premi dan membayar lebih mahal.

Sebaiknya periksa apakah Anda yakin untuk menerima tawaran itu, jika tidak, tetaplah pada biaya rutin yang biasa Anda bayarkan.

5. Gunakan uang ekstra Anda

Ini yang dapat Anda lakukan jika berhasil menghemat dan meningkatkan jumlah tabungan. Beri waktu sesekali untuk menikmati kelebihan uang yang sudah Anda hasilkan, apakah hanya sekedar membeli makanan di restoran maupun kafe favorit atau menonton film yang sedang hits. 

Cara menyenangkan diri sendiri ini setidaknya akan menambah semangat Anda untuk terus menambah jumlah tabungan dan jika berhasil, Anda pun bisa menikmatinya juga.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.