5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Dipecat dari Kerjaan

Oleh Dhita Koesno pada 05 Jan 2017, 08:00 WIB
Diperbarui 05 Jan 2017, 08:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang yang bekerja berpeluang untuk dipecat dari pekerjaannya, karena ada kelemahan dan kelebihan yang dimiliki.  Bisa saja karena kemungkinan Anda telah merusak suatu hal, ataupun orang lain yang melakukannya dan menyalahkan Anda.

Alasan lainnya Anda dipecat karena bos Anda yang tidak suka dengan keberadaan Anda. Apapun alasannya, fakta bahwa Anda dipecat tidak dapat dipungkiri.

Dilansir dari laman Gulfnews, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan saat Anda dipecat dari kerjaan:

1. Batasi Pengeluaran

Ketika mendapati kenyataan bahwa Anda dalam situasi tanpa penghasilan bulanan, ini adalah waktu yang tepat untuk membatasi dan memastikan anggaran Anda secara bijaksana.

Buatlah kebijakan sendiri selama tidak berpenghasilan, jaga agar keuangan stabil untuk sementara waktu dan tetap optimis Anda akan berhasil menghadapi situasi ini.

2. Hindari Menambah Utang Kartu Kredit

Biasanya saat tidak punya uang, maka godaan terbesar adalah berhutang dan kebablasan menggunakan kartu kredit yang dimiliki. Sebisa mungkin hindarilah menggunakan kartu kredit dan menambah beban utang saat tidak memiliki pekerjaan.

Banyak orang beralih ke kartu kredit untuk membeli keperluannya sebagai pilihan terakhir, tapi percayalah ini hanya akan memperburuk situasi Anda dengan utang kartu kredit yang biaya bunganya bisa sangat tinggi.

Hal ini jelas bukan ide yang baik untuk menggunakan kredit demi menjaga gaya hidup, karenanya bersabar dan ubahlah kebiasaan Anda saat tidak bekerja.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cari Pekerjaan Baru



3. Segera Cari Pekerjaan Baru atau Freelance

Jika Anda masih punya kewajiban pembayaran seperti sewa/kontrakan rumah atau cicilan utang tiap bulan, maka Anda memang harus mendapatkan pekerjaan, pertimbangkan pekerjaan sementara atau bekerja sebagai freelance untuk membantu Anda tetap berjalan di saat krisis keuangan.

Lebih baik bekerja sementara seperti freelance tapi memungkinkan pendapatan tetap ada, daripada dapat pekerjaan yang cocok, kemudian terikat kontrak dan menemui masalah yang sama lagi untuk dipecat.

4.  Biasakan Menyimpan Uang Lebih

Kebiasaan menyimpan dan menabung uang lebih biasanya akan menjamin ketenangan pikiran. Misalnya Anda dihadapkan dengan masalah keuangan tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, maka Anda sudah punya cadangan untuk hidup selama tidak bekerja. Selain itu tabungan pun bisa digunakan ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

5. Urus Asuransi

Apabila Anda masih memiliki asuransi kesehatan atau jamsostek yang bisa dimanfaatkan jika menderita sakit saat menganggur maka segera urus asuransi tersebut atau segera cairkan jamsostek untuk membantu menjalani hidup saat tanpa pekerjaan.

Lanjutkan Membaca ↓