KAI Bakal Perkuat Angkutan Barang di 2017

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 30 Des 2016, 14:45 WIB
Diperbarui 07 Sep 2019, 13:42 WIB

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui anak usahanya PT Kereta Api Logistik bakal terus meningkatkan kinerjanya di 2017. Tahun depan, ada beberapa misi yang direncanakan.

Direktur Operasi‎ KA Logistik Sugeng Priyono mengungkapkan pada tahun depan dirinya akan meningkatkan pelayanan bongkar muat di beberapa stasiun. Selama ini tidak semua stasiun bisa menerima bongkar muat KA barang.

"Kita coba akan tingkatnya layanan door to door, jadi dari stasiun bongkar muat nanti akan kita siapkan truk untuk mengangkut sampai ke alamat tujuan," kata Sugeng saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (30/12/2016).

Sampai saat ini, pihaknya memiliki porsi layanan door to door dibandingkan dengan station to station sebesar 20:50, di mana 50 persen stasiun yang bisa melayani bongkar muat belum terlayani truk dari KA Logistik.

"Paling tidak nanti kita tingkatkan menjadi 50:50, tapi ini butuh waktu dan yang jelas membutuhkan investasi," tegas Sugeng.

Selain kerjasama dengan beberapa pemilik truk, KA Log juga akan menambah jumlah stasiun yang bisa melayani aktifitas bongkar muat.‎ Massing-masing stasiun ini nantinya akan dilengkapi dengan mobile crane dan beberapa alat pendukung lainnya.

Salah satu stasiun yang akan ditambah fasilitas bongkar muatnya adalah Stasiun Nambo di Kabupaten Bogor. "Nambo nanti 1-2 bulan lagi jadi crane-‎nya," tambah Sugeng.

Sampai saat ini KA Log masih menjadi salah satu anak usaha KAI yang menyumbang pendapatan ke induk terbesar kedua setelah PT KAI Commuter Jabodetabe‎k. Untuk itu, menjadi satu misi KA Log untuk terus meningkatkan kinerjanya. "Karena angkut barang melalui kereta ini akan jadi tren ke depannya," tutup dia. (Yas)

Video Pilihan Hari Ini

TWICE dan Isyana Masuk Daftar Forbes Sosok Berpengaruh