Sukses

BPJSKes Hanya Mampu Tampung Peserta Baru 800 Ribu per Bulan

Sampai saat ini jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan mencapai 171,8 juta jiwa.

Liputan6.com, Jakarta BPJS Kesehatan mengaku kesulitan untuk mencapai target dalam memberi jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang saat ini berjumlah sekitar 250 juta jiwa.

Kepala Group Pemasaran BPJS Kesehatan Siswandi menjelaskan saat ini kemampuan BPJS Kesehatan untuk menambah peserta baru setiap bulan hanya 800 ribu orang.

"Kalau dengan kemampuan kita saat ini yang sudah maksimal itu hanya 800 ribuan setiap bulan. Padahal kalau sesuai target itu 2,4 juta per bulan, jadi masih ada gap di situ," kata Siswandi dalam diskusi‎ yang diselenggarakan Dewan Jaminan Sosial Nasional di Jakarta, Rabu (28/12/2016).

Sesuai dengan Undang-Undang, target kepesertaan BPJS Kesehatan adalah Universal Health Coverage (UHC)‎ atau seluruh penduduk Indonesia pada 2019. Sampai saat ini jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan mencapai 171,8 juta jiwa.

‎Di sisi lain, saat ini BPJS Kesehatan juga memiliki keterbatasan dalam peningkatan Sumber Daya Manusi (SDM), di mana setiap bulannya proses rekrutmen tidak lebih dari 100 ribu pegawai baru.

Untuk itu, Siswandi mendorong kepada pemerintah untuk membantu BPJS Kesehatan dalam mempercepat peningkatan jumlah peserta tersebut.

"Kami dorong pemerintah menegakkan regulasi-regulasi yang sudah ditetapkan, misalnya kepatuhan, yang tidak ikut mendapatkan peringatan, sanksi dan lain-lain itu. Kalau tidak target UHC itu akan mundur," papar dia.‎ (Yas/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

    BPJS Kesehatan