Uji Coba Tiket Elektronik, Menhub Disambut Klakson Telotet

Oleh Fiki Ariyanti pada 27 Des 2016, 17:07 WIB
Diperbarui 27 Des 2016, 17:07 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjajal sistem tiket elektronik di Terminal Tipe A Tirtonadi, Surakarta, Jawa Tengah (Jateng). Satu-satunya terminal bus yang sudah menggunakan e-ticketing hasil kerja dari Organisasi Angkutan Darat (Organda).

Dari pantauan Liputan6.com, Jakarta, Selasa (27/12/2016), ‎usai acara seremoni peresmian Terminal Tipe A Tirtonadi, Menhub Budi Karya langsung meninjau terminal. Begitu memasuki ruangan, rasa sejuk merasuk ke badan. Calon penumpang bisa menunggu di ruangan ber-AC, dilengkapi LED jadwal keberangkatan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Tak ketinggalan, Budi Karya mencoba sistem pembelian tiket elektronik ‎(e-ticketing) yang pertama diterapkan di terminal bus di Indonesia. Dia membeli satu tiket bus jurusan Yogyakarta seharga Rp 85 ribu per orang.

Menggunakan kartu debet, dia mendapatkan kartu e-ticketing yang digunakan untuk masuk ke tempat pemberangkatan dengan lebih dulu menunjukkan kartu identitas. "Oh harus pakai KTP ya," ucap Budi Karya.

Dengan sistem e-ticketing, transaksi pembelian tidak perlu memakan waktu panjang sehingga mengurangi antrian. Kurang dari 3 menit, Budi Karya sudah mendapatkan satu tiket bus. Selanjutnya dia bergegas ke tempat pemberangkatan bus.

Bus jurusan Yogyakarta sudah menunggu. Budi Karya kemudian masuk bus diiringi dengan ‎suara klakson telolet dari sang supir. Setelah melihat kondisi di dalam bus, dan menyapa penumpang, dia keluar bus. Lagi-lagi suara klakson telolet terus menggema. "Bus-nya oke‎ banget," kata Budi Karya sambil mengacungkan jempol.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjajal sistem tiket elektronik di Terminal Tipe A Tirtonadi, Surakarta, Jawa Tengah (Jateng).

Ketua Organda Ardiansyah menambahkan, Terminal Tirtonadi merupakan terminal pertama yang menggunakan sistem e-ticketing dari Organda. Penerapan e-ticketing ini diharapkan bisa terwujud di Terminal Bus Pulo Gebang yang akan di-launching pada 28 Desember 2016.

"Ini yang pertama di Tirtonadi dikembangkan sistem e-ticketing oleh Organda. Terminal lain belum, tapi Pulo Gebang, kita usahakan bisa juga pakai sistem ini, mungkin tahun depan," terangnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya