Sukses

Arus Balik Natal Diperkirakan Tembus 98 Ribu Kendaraan

Untuk mengantisipasi kepadatan arus balik di gerbang tol Cikarang Utama, Jasa Marga mengoptimalkan 21 gardu.

Liputan6.com, Jakarta - Operator jalan tol, PT Jasa Marga Tbk memperkirakan arus balik libur Natal terjadi pada hari ini, Senin (26/12/2016). Jumlah kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) diprediksi mencapai 98.982 atau naik 32 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal 75.906 kendaraan.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, peningkatan volume kendaraan telah terjadi sejak pagi tadi.

"Sejak pagi ini mulai terjadi peningkatan volume lalu-lintas,  shift 1 di GT Cikarang Utama (exit) mengalami peningkatan 5,6 persen dari biasanya 26.275 kendaraan menjadi 27.771 kendaraan," kata dia dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (26/12/2016).

Dia mengatakan, pada arus balik kali ini volume kendaraan naik pada sore hingga malam. "Sore ini hingga malam hari nanti pengguna jalan memasuki GT Cikarut sebagai arus balik," tambah dia.

Untuk mengantisipasi kepadatan di Cikarut, dia mengatakan Jasa Marga mengoptimalkan 21 gardu yang ada dan menambah 3 gardu (reversible).  Selain itu, Jasa Marga juga menggunakan 4 lajur gardu tol otomatis (GTO) untuk pengguna jalan reguler (bukan pengguna eToll Card).

Dia mengimbau supaya pengguna jalan terus berhati-hati dalam perjalanan. Kepada pengguna jalan, dia mengatakan bisa terus memantau kondisi lalu lintas arus balik di tol milik Jasa Marga Traffic Information Center (14080) maupuh media sosial milik perusahaan. (Amd/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.