Sukses

PLN Jamin Pasokan Listrik Saat Perayaan Natal Nasional di Tomohon

Upaya mengantisipasi gangguan kelistrikan saat perayaan Natal, PLN juga menyiapkan genset mobile 100 Kva di Bandara Samratulangi

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik saat perayaan Natal Nasional yang berlangsung di Tomohon, Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara dalam kondisi aman. Rencananya, perayaan Natal ini turut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

General Manager Wilayah Sulawesi Utara Gorontalo Baringin Nababan‎ mengatakan, saat ini kondisi sistem kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo (SulutGo) tengah berlebih sebesar 70,9 Mega Watt (MW) dengan daya mampu 414,8 MW dan beban puncak mencapai 343,9 MW.

"Kami bersiaga penuh untuk puncak perayaan Natal Nasional, segala persiapan termasuk memastikan kondisi pembangkit dan penyaluran beban sudah kami lakukan, hal ini sesuai dengan standar operasional yang berlaku,"‎ kata Baringin, di Jakarta, Senin (26/11/2016).

‎Baringin melanjutkan, upaya mengantisipasi gangguan kelistrikan PLN juga telah menyiapkan genset mobile 100 Kilo volt amper ( kva) di Bandara Internasional Samratulangi. Kemudian travo mobile 315kva dan genset 2x40 kva di lokasi perayaan natal nasional sebagai cadangan pasokan.

Daya terpasang saat ini berasal dari sejumlah pembangkit diantaranya Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi ( PLTP) Lahendong yang memiliki 6 unit pembangkit, 4 unit telah beroperasi terpasang masing-masing 20 Mega Watt (MW).

Daya tersebut akan bertambah dengan keberadaan 2 unit pembangkit yang akan beroperasi pada akhir 2016, yakni PLTP Lahendong unit 5 dan 6. Dengan tambahan dua unit ini maka total kapasitas dari keenam unit tersebut mencapai sebesar 120 MW.

‎"Pasokan akan ada tambahan pasokan listrik yang disuplai oleh PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 sebesar 40 MW, hal ini semakin memperkuat Sistem Kelistrikan SulutGo," ungkap dia. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini