‎Saingi Bandara, Stasiun Gambir Kini Punya Wifi Gratis

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 23 Des 2016, 11:30 WIB
Diperbarui 23 Des 2016, 11:30 WIB
Pantauan Arus Balik Lebaran di Stasiun Gambir
Perbesar
Sementara hari ini, sampai pukul 11.59 WIB, jumlah penumpang yang turun‎ di Stasiun Gambir tercatat sudah 5.262 orang. (Oscar Ferri/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta ‎PT Kereta Api Indonesia (Persero) meningkatkan pelayanan bagi para calon penumpang Kereta Api (KA). Salah satunya, layanan fasilitas internet nirkabel, wireless fidelity (wifi) yang bisa diakses para calon penumpang di Stasiun Gambir dan Stasiun Sudirman, Jakarta mulai hari ini.

"Karena lebih dari 27 ribu penumpang setiap harinya berada di masing-masing stasiun tersebut, dan dipastikan hampir semua penumpang mengakses jaringan internet," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, Jumat (23/12/2016).

‎Wifi gratis tersebut hasil kerjasama antara PT KAI Daop 1 Jakarta dengan Loop Viral Media dan membuka peluang bisnis dalam penyediaan media placement baru 'multiple viral media placement'.

Wifi gratis ini merupakan bentuk komitmen PT KAI, khususnya Daop 1 Jakarta dalam memberikan pelayanan lebih kepada para pengguna jasa transportasi kereta api agar penumpang lebih nyaman selama menunggu perjalanan kereta api di stasiun.

Di mana dengan layanan wifi gratis ini para penumpang dapat mengakses internet tanpa takut kehabisan quota. Layanan wifi ini dapat di akses dengan kecepatan 1 mbps.

"Kita harap di semua stasiun besar bisa menggunakan wifi gratis. Ini kita bayangkan bisa saingi airport besar," tambah Edi.

Selain layanan wifi gratis, PT KAI Daop 1 Jakarta juga memberikan fasilitas layanan lebih lainnya berupa ruang tunggu VIP yang terletak di lantai 1 sebelah barat menghadap ke arah tugu Monumen Nasional (Monas). Untuk penumpang kereta api yang hobi selfie, di Stasiun Gambir juga disediakan beberapa spot selfie yang menarik.

Dengan pelayan lebih yang diberikan PT KAI Daop 1 Jakarta, diharapkan dapat memanjakan para pengguna jasa Transportasi Kereta Api dalam menikmati liburan Natal dan Tahun Baru kali ini.

Dalam kesempatan yang sama, KAI juga‎ melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Stasiun Gambir pada dengan menerjunkan sebanyak 1.380 tenaga pengamanan yang terdiri dari 828 personil security, 254 personil Polsuska, tenaga bantuan pengamanan dari TNI 20 personil, POLRI sebanyak 278 personil termasuk dari Satuan K9 atau unit Kesatuan Polisi Satwa yang disebar diseluruh wilayah Daop 1 Jakarta.

Selama Masa angkutan Nataru yang berlangsung dari tanggal 23 Desember 2016 sampai dengan 8 Januari 2017 ini Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 52 perjalanan KA reguler dan 11 perjalanan KA tambahan dengan total 34.144 seat per hari.

Selain itu, guna mengantisipasi datangnya musim hujan, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiagakan 253 petugas ekstra yang berjaga selama 24 jam secara bergantian terdiri dari petugas pemeriksa jalur, penjaga pelintasan, di daerah rawan yang tersebar di seluruh lintas Daop 1 Jakarta di daerah yang dianggap rawan banjir dan longsor dan menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) yang antara lain berisi pasir, bantalan rel, pendrol, dongkrak dan lain-lain.