AP II Siapkan Bandara Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Libur

Oleh Fiki Ariyanti pada 12 Des 2016, 07:12 WIB
Diperbarui 12 Des 2016, 07:12 WIB
Angkasa Pura II
Perbesar
Angkasa Pura II perkirakan pergerakan penumpang di 13 bandara di lingkungan AP II capai 4,18 juta.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) siap melayani penumpang pesawat di seluruh bandara yang dikelola perusahaan pada masa angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, seperti kesiapan bandara dan fasilitas lain.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin mengatakan, pada Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, sejumlah bandara yang dikelola perseroan sudah beroperasi dengan terminal baru, di antaranya Terminal 3 Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Terminal Baru Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, dan Terminal Baru Bandara Sultan Thaha Jambi yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami meyakini terminal-terminal baru ini akan berdampak positif dalam meningkatkan pelayanan khususnya dalam hal kapasitas daya tampung penumpang pada masa peak season seperti di akhir tahun," jelas Awaluddin di Jakarta, seperti ditulis SeninĀ  (11/12/2016).

Ia menuturkan, penumpang pesawat saat ini dapat mengakses secara mudah berbagai informasi penerbangan, tenant komersial di terminal, dan informasi penting lainnya terkait seluruh bandara di bawah AP II dengan mengunduh aplikasi Indonesia Airports melalui Google Playstore sehingga dapat mempermudah dan memperlancar perjalanan penumpang di periode sibuk ini.

"Aplikasi ini adalah layanan terbaru kami guna meningkatkan pelayanan sekaligus bagian dari kampanye Smart Airport. Bagi penumpang yang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta kini dapat menikmati layanan konektivitas WiFi super cepat hingga 50 Mbps," kata dia.

Adapun pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru atau dari 22 Desember 2016 hingga 4 Januari 2017, Awaluddin memperkirakan pergerakan penumpang di 13 bandara di lingkungan AP II mencapai 4,18 juta penumpang atau meningkat sekitar 9 persen dibandingkan dengan rata-rata pergerakan di hari normal.

Sedangkan pergerakan pesawat diperkirakan naik 4,54 persen atau dari 28.220 pergerakan menjadi 29.502 pergerakan.

"Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, pergerakan penumpang diperkirakan mencapai 2,64 juta penumpang dengan pergerakan pesawat sebanyak 17.530 pergerakan," dia menerangkan.

Tambahnya, arus puncak libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan pada 23 Desember 2016, sementara arus balik bertepatan pada Tahun Baru 1 Januari 2017. AP II mengimbau kepada para penumpang pesawat agar tiba lebih awal di bandara baik penerbangan domestik maupun internasional guna menghindari kepadatan di akses menuju bandara.

"AP II memprediksi jumlah pergerakan penumpang di seluruh bandara yang dikelola perusahaan atau sebanyak 13 bandara pada 2016 ini mencapai 93 juta penumpang, tumbuh 11 persen dibandingkan tahun lalu. Sedangkan tahun depan, perseroan menargetkan jumlah tersebut akan menembus angka lebih dari 100 juta penumpang," papar Awaluddin.

AP II secara intensif dan berkelanjutan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya di bandara seperti maskapai, Bea dan Cukai, Imigrasi, TNI dan Polri, Karantina, serta Otoritas Bandara selaku regulator guna memastikan kelancaran operasional bandara dan penerbangan termasuk saat masa angkutan Natal dan Tahun Baru.