Sukses

Indonesia Bisa Jadi Negara Maju di 2034

Saat ini, pendapatan masyarakat Indonesia sudah cukup tingg

Liputan6.com, Jakarta Kementerian PPN/Bappenas tengah membuat studi jangka panjang terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Studi itu untuk rentang waktu 2016 hingga 2045.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dalam studi tersebut disebutkan Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2034. Salah satu penilaiannya adalah lewat pendapatan masyarakat. Saat ini, pendapatan masyarakat Indonesia sudah cukup tinggi.

"Jadi tidak hanya keluar dari middle income trap, jadi pada 2034 Indonesia masuk ke negara berpendapatan tinggi," kata Bambang di kantornya, Kamis (8/12/2016).

Untuk mencapai apa yang sudah diperkirakan Bambang tersebut ada beberapa hal yang harus dipenuhi Indonesia. Salah satunya mengenai pertumbuhan ekonomi yang konsisten.

Bambang mengungkapkan, tingkat pendapatan masyarakat Indonesia akan bisa dikategorikan beberapa negara maju layaknya Jepang, Korea Selatan dan yang lainnya jika pertumbuhan ekonomi Indonesia rata-rata setiap tahun 6,4 persen.

Menurut Bambang, demi mencapai pertumbuhan ekono‎mi dengan angka yang disebutkan, yang menjadi faktor kunci adalah tingkat investasi. Sebagai negara berkembang, investasi dari swasta menjadi satu hal penting.

"Pokoknya kunci pertumbuhan ekonomi itu di investasi, kalau investasi sedikit menurun akan sangat berdampak ke pertmbhan ekonomi, begitu jg sebaliknya," tegas Bambang. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini